KPU Sumenep Gelar Pengundian Nonor Urut, Fauzi-Eva 1 dan Gus Acing-Mas Kiai 2

Avatar of PortalMadura.com
Dua calon bupati Sumenep menunjukkan nomor urut paslon (Ist)
Dua calon bupati Sumenep menunjukkan nomor urut paslon (Ist)

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (24/9/2020), melakukan pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020.

Hasilnya, paslon Achmad Fauzi, SH, MH – Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I () mendapatkan nomor urut 1 dan paslon Dr. Ir. H. RB. Fattah Jasin, M.S – KH. Ali Fikri, S.Ag, M.Pd.I () nomor urut 2.

Komisioner , DR. Rahbini menjelaskan, pada proses pengundian nomor urut calon diawali dengan penyampaian tata tertib khusus terlebih dahulu.

“Lalu, pengambilan bola pingpong oleh kedua calon wakil bupati. Bola yang bertuliskan angka tertinggi berkesempatan lebih awal untuk mengambil nomor urut paslon,” jelasnya.

Untuk pengambilan nomor urut paslon dilakukan oleh calon bupati secara bergiliran. Dan nomor urut paslon itu sendiri disimpan dalam sebuah tabung.

“Pengambilannya bergiliran dan dibuka secara bersamaan,” katanya.

Pada proses pengundian nomor urut paslon, pihaknya membatasi undangan. “Hanya oleh kedua pasangan calon, lima komisioner KPU, satu orang LO dari masing-masing paslon dan melibatkan Satgas Covid-19,” terangnya.

Pada pengumuman penetapan paslon, Fauzi-Eva diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PBB. Sedangkan Gus Acing-Mas Kiai diusung PKB, Partai NasDem, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Pasca Pengundian

Rahbini yang juga Divisi Teknis mengingatkan, kedua pasangan calon memiliki kesempatan satu hari untuk melaporkan dana awal kampanye.

“Besok, [25/9], sampai pukul 18.00 WIB harus melaporkan dana awal kampanye,” tegasnya.

Kedua pasangan calon akan memulai kampanye hari pertama sejak Sabtu (26/9/2020). “Jadi, lusa sudah memasuki tahapan kampanye,” pungkasnya.(*)

Tonton Juga PortalMaduraTV Desa Wajib Punya Unit Pengaduan Masyarakat

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.