KSOP Kalianget Tunda Seluruh Pelayaran di Sumenep

KSOP Kalianget Tunda Seluruh Pelayaran Di Sumenep
KMP Sabuk Nusantara 92 bersandar di Pelabuhan Sapeken Sumenep. (Foto. Badri Stiawan @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Akibat cuaca buruk, hampir seluruh pelayaran penumpang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tertunda. Kondisi gelombang tinggi yang terjadi dibeberapa titik perairan tidak direkomendasikan bagi semua aktivitas di laut beroperasi.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Supriyanto menjelaskan, penundaan pelayaran telah dilakukan sejak Senin (7/12/2020). Khususnya bagi pelayaran kapal penumpang.

Rute pelayaran yang ditunda sementara di antaranya Kalianget-Sapudi-Raas-Kangean-Sapeken dan sebaliknya. Juga rute Kalianget-Masalembu dan Kalianget-Jangkar.

“Penundaan ini kemungkinan sampai dengan lima hari ke depan. Karena cuaca buruk,” ucapnya, Selasa (8/12/2020).

Penundaan pelayaran dilakukan, lanjut Supriyanto, dikarenakan adanya himbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait adanya potensi gelombang tinggi.

Baca Juga:  Menparekraf: Packaging Produk UMKM Sumenep Butuh Ditingkatkan

Ombak besar dengan ketinggian antara 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan terjadi di sejumlah titik perairan Kota Keris.

Sehingga bisa membahayakan bagi keselamatan pelayaran. Terlebih kapal-kapal penumpang. Pihaknya menyebut tidak melarang kapal untuk berlayar. Namun hanya sebatas himbauan agar menunda pelayaran terlebih dahulu. Sebab cuaca kurang bersahabat.

“Kami terus monitor perkembangan di lapangan. Kalau sudah memungkinkan, baru pelayaran bisa dilakukan,” terang Supriyanto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.