oleh

Kuansu, Buah Merah Dari Papua yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Buah merah (kuansu) atau Pandanus conoideus adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Papua. Buah merah ini biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong, lalu direbus atau dipanggang.

Selain rasanya yang enak, buah merah juga dimanfaatkan oleh masyarakat Papua sebagai obat tradisional. Buah merah dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (18/3/2021), berikut manfaat buah merah dari Papua yang memiliki banyak manfaat:

Selamat Ibadah Puasa

Anti Peradangan

Sifat antioksidan kuat pada buah ini dapat mengurangi peradangan. Buah merah berpotensi untuk dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang dapat berkembang menjadi kanker usus.

Menurunkan Kolestrol Jahat

Ekstrak buah merah ditemukan mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Sebagai Anti Kanker

Kandungan protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosiani pada buah merah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya pada kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar