oleh

Kulit Sensitif, Ini 8 Facial Oil Alami yang Cocok Digunakan

PortalMadura.Com – Tidak mudah merawat kulit sensitif. Karena tidak semua bahan dalam produk kecantikan cocok untuk jenis kulit ini. Seperti mineral oil, alkohol dan lain sebagainya.

Pemilik kulit sensitif harus lebih selektif menggunakan produk kecantikan. Lantas, bahan apa yang cocok untuk untuk merawat kulit sensitif? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut beberapa facial oil alami yang bisa digunakan.

Selamat Ibadah Puasa 1

Tea Tree Oil

Tea tree oil yang terbuat dari getah pohon teh memiliki khasiat antiseptik dan anti inflamasi, efektif untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab jerawat. Mereka yang intoleran terhadap benzoyl peroxide juga bisa menggunakan bahan ini untuk mengobati jerawat. Walaupun begitu, pastikan Anda selalu mengencerkan tea tree oil dengan carrier oil terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Grapeseed Oil

Minyak biji anggur bisa menjadi pilihan yang baik untuk kulit yang sangat rawan alergi karena tidak mengandung bahan kimia, pewarna, atau wewangian. Sementara antioksidan di dalamnya dapat memperlambat proses penuaan.

Moringa Oil

Moringa oil atau minyak kelor kaya antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Juga mengandung asam lemak yang berguna untuk memperbaiki kondisi kulit kering dan melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh ekstrernal.

Minyak ini juga bersifat anti inflamasi dan ringan, sehingga bisa melembapkan tanpa menjadikan kulit kering atau pori-pori tersumbat.

Pomegranate Oil

Minyak alami dari biji delima ini memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Jadi bisa melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus menenangkan kulit yang mengalami inflamasi. Selain itu, pomegranate oil juga ringan di kulit. Jadi tidak akan menyumbat pori-pori.

Rosehip Oil

Rosehip oil efektif menyembuhkan bekas luka dan jerawat karena kaya akan nutrisi esensial untuk kulit. Bisa melakukan proses penyembuhan dalam waktu yang relatif singkat tanpa menyebabkan iritasi.

Lavender Oil

Minyak esensial lavender alias lavender oil dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak dan membantu relaksasi. Selain itu, minyak ini juga bisa menyeimbangkan tingkat kelembapan pada kulit.

Lavender oil memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk meredakan iritasi dan kemerahan, dua masalah utama kulit wajah sensitif. Minyak ini juga bisa mengatasi kulit kering tanpa menjadikannya lengket atau berminyak.

Chamomile Oil

Chamomile dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menenangkan inflamasi, iritasi, dan ruam-ruam. Minyak yang diekstrak dari bunga chamomile kaya kandungan azulene. Kandungan ini baik untuk meningkatkan kelembapan pada kulit dan meredakan inflamasi.

Sandalwood Oil

Minyak cendana juga cocok untuk meredakan inflamasi pada kulit. Minyak ini pun mampu mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit.

Jika Anda bermasalah dengan jerawat, ruam, dan pigmentasi akibat paparan sinar matahari, sandalwood oil juga akan membantu mengatasinya.

Itulah berbagai jenis facial oil alami yang ramah untuk kulit sensitif. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.Com

Komentar