Kunci Motor Hilang? Segera Lakukan 4 Tindakan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Kunci-Motor-Hilang-Segera-Lakukan-4-Tindakan-Ini
Ilustrasi (moladin.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kehilangan kunci sepeda motor tentu membuat orang panik dan khawatir. Penyebabnya bisa karena terjatuh di jalan, lupa menaruhnya, bahkan terbawa secara tidak sengaja oleh orang lain.

Tapi, kepanikan itu tidak bisa menyelesaikan masalah. Jadi, harus tetap tenang dan mencari cara untuk menemukannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika kunci motor hilang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara yang dapat dilakukan saat kehilangan kunci motor seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (20/4/2022) dari laman Liputan6.com:

Menghubungi Pihak Keamanan Setempat

Saat Anda kehilangan kunci di area parkir, ada baiknya untuk segera menghubungi pihak keamanan yang terdapat di sekitar parkiran. Hal ini dikarenakan pihak keamanan mengetahui situasi dan kondisi di area tersebut. Bisa jadi kunci Anda masih tertancap pada sepeda motor, sehingga kunci tersebut diamankan oleh petugas.

Memanfaatkan Kunci Serep

Kunci serep/cadangan menjadi salah satu penyelamat ketika kunci utama milik Anda hilang. Biasanya setiap orang yang memiliki kendaraan dapat dipastikan mempunyai kunci cadangan bawaan dari dealer. Dengan begitu, saat Anda membeli kendaraan bekas, pastikan pada pemilik yang sebelumnya untuk memberikan kunci cadangan.

Memanggil Ahli Kunci

Sejatinya memanggil ahli kunci saat kehilangan kunci motor adalah hal yang wajar, karena tingkat keberhasilan menggunakan jasa ahli kunci cukup tinggi. Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari, cukup menghubungi dan menyiapkan uang saja.

Biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa ini ada di kisaran Rp35 ribu untuk model biasa, sedangkan untuk model laser cut dipatok sedikit lebih mahal dengan kisaran Rp50 ribu hingga Rp70 ribu, akan tetapi setiap tukang kunci memiliki harga yang berbeda-beda.

Membongkar Rumah Kunci

Untuk cara yang terakhir ini memang cukup rumit dan merepotkan, namun dapat digunakan pada saat genting. Cara ini dapat dilakukan saat Anda berada di wilayah yang jauh dari pemukiman dan minimnya ahli kunci. Setelah rumah kunci terlepas, bawa ke tempat jasa kunci, akan tetapi pastikan jika motor dalam posisi yang aman.

Rumah kunci bisa dibuka dengan melepas tameng depan motor. Lalu kendorkan baut yang menempel pada area rumah kunci. Cabut terlebih dahulu soket kabel sebelum melepas rumah kunci yang terhubung dengan kelistrikan.

Itulah cara mengatasi saat kunci motor hilang yang dapat Anda terapkan sewaktu-waktu ketika mengalami kondisi ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.