Lacak Lokasi Seseorang Bisa Pakai WhatsApp, Begini Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Lacak Lokasi Seseorang Bisa Pakai WhatsApp, Begini Caranya
Ilustrasi (teknosentrik.com)

PortalMadura.Com – Ingin tahu lokasi seseorang?. Mudah saja, kini aplikasi WhatsApp bisa melakukannya. Entah itu di HP Android atau iPhone. Jadi Anda tidak perlu bingung harus menggunakan jenis handphone yang mana.

Tapi ingat, cara ini bertujuan untuk mempermudah Anda menemukan lokasi seseorang saat janjian, bukan buat stalking (menguntit). Gimana, penasaran dengan caranya?. Yuk ikuti saja petunjuknya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (3/6/2022) dari laman Detik.com:

Live Location

Fitur dari WhatsApp ini bisa langsung melacak lokasi pemilik akun WhatsApp lain alias real time. Fitur ini bisa digunakan dengan mengikuti langkah ini:

1. Aplikasi WhatsApp dibuka kemudian dipilih orang atau grup yang akan diajak berbagi live action. Selanjutnya, klik ikon paperclip di kanan bawah dan pilih opsi lokasi.

2. Langkah selanjutnya klik berbagi lokasi terkini, kemudian berapa lama hendak menggunakan live location. Di bagian tambah keterangan, bisa diketik pesan yang hendak dikirim bila diperlukan.

3. Penerima pesan kemudian bisa melihat langsung lokasi pengirim, termasuk pindah tempat. Fitur ini otomatis berhenti jika waktu berbagi live location sudah habis, atau bisa dihentikan sendiri dengan mengeklik berhenti berbagi.

Melacak lokasi dengan Google Maps

Google Maps ternyata bisa digunakan untuk melacak lokasi lewat WA, selain navigasi seperti biasa. Ini langkah melacak lokasi dengan Google Maps dengan tingkat keakuratan yang cukup baik:

1. Google Maps bisa dibuka lebih dulu, kemudian klik simbol akun di pojok kanan atas dan pilih berbagi lokasi.

2. Selanjutnya klik mulai untuk menunjukkan lokasi kepada teman. Durasi berbagi lokasi real time bisa ditentukan lebih dulu, atau hingga dinonaktifkan.

3. Pilih WhatsApp dan kontak yang hendak dikirimi informasi. Selanjutnya lokasi terkini sudah bisa diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.