Ladies, 5 Kebiasaan Ini dapat Mencegah Rambut Rontok

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, 5 Kebiasaan Ini dapat Mencegah Rambut Rontok
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Jika Anda telah mengalami kerontokan rambut, dan merasa bahwa hal itu bukan hanya sekedar siklus pergantian rambut Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Semakin hari rambut yang rontok kok semakin banyak, ya? Selain disebabkan oleh hormon dan diet, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu kerontokan rambut. Tidak mau hal ini terus terjadi, kan? Agar kondisinya tidak semakin parah, berikut ini adalah beragam kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut. Yuk, dicoba!

Kurangi frekuensi keramas
Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan cara keramas adalah hal yang penting. Namun, jika dilakukan terlalu sering, keramas justru dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut. Selain membuat rambut makin kering, terlalu sering keramas juga menyebabkan rambut mudah rontok dan patah.

Untuk mencegah kerontokan rambut, kurangi frekuensi keramasmu. Jika merasa rambut mulai agak berminyak, Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan dry shampoo saja.

Kurangi perawatan rambut menggunakan bahan kimia
Pewarnaan, perming, pencatokan, atau pengeritingan memang bisa membuat rambut tampak indah. Sayangnya, penataan rambut menggunakan bahan kimia atau heat tools dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut, seperti membuatnya semakin kering, kasar, dan rontok.

Ada baiknya jika mengistirahatkan rambut di sela-sela penataan rambut berikutnya untuk membiarkan rambut asli tumbuh terlebih dahulu agar akarnya lebih kuat.

Istirahatkan rambut dari tatanan yang terlalu kencang
Gemar menata rambut dengan kunciran? Hati-hati, bila dilakukan terlalu sering dan terlalu kencang, ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan rambutmu. Tarikan pada rambut yang terlalu lama dan kencang akan membuat akar rambut menjadi lemah. Akibatnya, rambut pun menjadi rapuh dan lebih mudah rontok. Sesekali, biarkan rambut Anda tergerai atau bila dirasa mengganggu, gunakan jepit dan kunciran longgar, ya!

Keringkan rambut dengan menunduk
Mengeringkan rambut dengan cara menunduk dan membalikkan rambutmu dapat menjadi kebiasaan yang membantu mencegah kerontokan rambut. Hal ini akan memicu aliran darah pada kulit kepala sehingga rambut mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang lebih baik. Selain memperkuat rambut, teknik ini juga membantu membuat rambut terlihat lebih bervolume, lho!

Keramas dengan gerakan memijat, bukan menggosok
Punya kebiasaan menggaruk atau menggosok kulit kepala saat keramas? Sebaiknya, kurangi kebiasaan ini ya! Gerakan menggaruk dan menggosok berisiko mengiritasi kelenjar minyak pada kulit kepala dan menyebabkan kondisi kulit kepala menjadi semakin berminyak.

Akibatnya, rambut pun menjadi mudah rontok. Lebih baik, ganti cara keramas dengan gerakan memijat kepala secara lembut dari bagian bawah menuju atas kepala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.