Ladies, Gunakan Air Beras Untuk Dapatkan Rambut Sehat dan Berkilau

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, Gunakan Air Beras Untuk Dapatkan Rambut Sehat dan Berkilau
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan mahkota bagi perempuan yang sudah sepantasnya dijaga dan dirawat dengan baik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau sehatnya serta masalah-masalah rambut lainnya. Mulai dari perawatan di salon dengan budget yang tidak sedikit atau menggunakan produk-produk yang saat ini banyak beredar di pasaran yang biasanya mengandung bahan kimia.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan rambut lebih baik menggunakan bahan-bahan alami yang salah satunya yaitu memanfaatkan . Sebenarnya air beras memang sudah lama dikenal memiliki beragam manfaat tidak hanya rambut tapi juga kulit. Selain mampu memberikan kelembapan pada kulit, air beras juga memiliki manfaat baik bagi kulit kepala dan batang rambut terutama dalam urusan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Nah ingin tahu lebih lanjut, berikut penjelasannya:

Digunakan Sejak Dulu
Kandungan air beras yang kaya manfaat khususnya dalam pertumbuhan rambut ini sudah ada sejak dulu. Karena di beberapa daerah, perawatan membilas rambut dengan air beras sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan turun temurun. Seperti di wilayah China, tepatnya di desa Huangluo. Desa yang mendapat predikat dari Guinness World Records sebagai desa dengan rambut terpanjang di dunia. Predikat ini diberikan karena seluruh wanita di desa ini memiliki rambut hitam panjang dan sehat. Bahkan para wanita usia senja tetap memiliki tampilan warna rambut hitam legam tanpa uban sama sekali. Ternyata air beras merupakan resep turun temurun para wanita di desa ini dalam mendapatkan rambut yang sehat.

Manfaat Air Beras
Air beras kaya akan kandungan amino acid dan vitamin yang berfungsi untuk menghadirkan proses relaksasi pada peredaran darah yang berpengaruh penting pada kekuatan akar rambut, memberi volume serta membuat rambut terlihat berkilau. Selain itu beras juga mengandung Inositol, atau vitamin B8 yang berfungsi memaksimalkan pertumbuhan rambut. Kandungan ini disebut mampu membuat lapisan perlindungan untuk mencegah rambut dari kerusakan, bahkan setelah air beras dibilas.

Cara Mengaplikasikan
Ada beberapa cara untuk merasakan manfaat dari air beras ini. Yang paling sederhana adalah dengan mengambil air beras dan langsung disiramkan pada rambut setelah keramas. Anda dapat menyiramkan air beras sambil memijat lembut area kepala dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih.

Atau, Anda bisa menggunakan air beras fermentasi. Namun untuk cara ke-2 Anda perlu sedikit bersabar, karena air beras harus didiamkan selama beberapa hari sebelum langsung digunakan.

Cara Membuat Air Beras Fermentasi:
Campurkan 1 cangkir beras organik ke dalam 300 ml air, lalu diamkan selama 30 menit sambil diaduk sesekali hingga warna air berubah. Kemudian pisahkan beras dan air, lalu simpan air beras pada suhu ruangan selama 1-2 hari. Saat aroma asam hasil fermentasi tercium, Anda bisa memindahkan air beras pada suhu dingin/kulkas sebelum dipakai. Tapi perlu diperhatikan, mengingat kandungan konsentrat beras yang tinggi, ada baiknya Anda mencampurkannya dengan air hangat sebelum digunakan langsung pada rambut.

Caranya mudah dan bisa dipraktikkan di rumah, kan. Selamat mencoba ya! (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.