Ladies, Ini 5 Cara Untuk Tahu Masa Kedaluwarsa Alat Makeup yang Anda Gunakan

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 5 Cara Untuk Tahu Masa Kedaluwarsa Alat Makeup yang Anda Gunakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Makeup bagi sebagian wanita sangatlah penting karena bisa menjadi alat penunjang untuk tampil cantik. Berbagai jenis yang biasa Anda gunakan harus selalu dalam keadaan bersih. Karena jika benda tersebut terkontaminasi bakteri bisa memengaruhi kualitas dan daya tahan makeup.

Selain itu, ternyata alat kecantikan ini lebih cepat masa kedaluwarsanya daripada skin care. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tanggal kedaluwarsanya di kemasannya. Sehingga Anda bisa tahu jika alat makeup yang Anda gunakan perlu di ganti atau tidak. Namun, bila Anda terlanjur membuang bungkusnya, Anda masih bisa melakukan lima hal ini untuk tahu alat makeup tersebut.

Berikut penjelasannya:

Cari Tahu di Website
Jika Anda terlanjur membuang bungkus produk makeup, coba cari tahu masa kedaluwarsa normal dari website. Biasanya, akan tercantum masa penggunaan produk tersebut. Misalkan terdapat tulisan 24M, maka masa maksimal penggunaan makeup tersebut adalah 24 bulan atau 2 tahun sejak pertama kali dibuka.

Produk dengan Masa Kedaluwarsa Tercepat
Anda juga perlu mengenali produk-produk seperti ini. Produk dengan masa kedaluwarsa tercepat adalah produk riasan mata. Contohnya maskara, eyeliner, dan concealer mata. Umumnya masa pakai produk mata seperti maskara dan eyeliner hanya bertahan 3 bulan. Karena dalam penggunaanya, produk rias mata rentan terkena bakteri saat kontak dengan udara.

Produk kosmetik berbahan cream juga termasuk yang cepat kedaluwarsa. Bakteri menyukai air, sehingga kandungan air yang terdapat pada produk berbahan cream membuat bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak. Produk berbahan powder merupakan produk yang memiliki ketahanan lebih lama, karena tidak ada kandungan air yang membuat bakteri bisa tumbuh.

Bersihkan Alat Makeup untuk Menjaga Daya Tahan Produk
Salah satu penyebab makeup cepat kedaluwarsa adalah kontak alat makeup dengan kulit. Alat makeup yang terlalu sering dipakai namun jarang dicuci sangat disukai oleh bakteri. Jika terus menerus dipakai, maka bisa menyebabkan break out pada kulit kamu.

Cuci alat makeup seperti brush dan sponge setidaknya 1 kali dalam seminggu atau setiap kali selesai digunakan untuk aplikator rias wajah. Selain menjaga kehigienisan produk makeup, peralatan makeup juga cenderung lebih awet jika Anda selalu memperhatikan kebersihannya.

Jauhkan dari Sinar Matahari

Ya, kontak langsung dengan sinar matahari akan membuat produk makeup Anda cepat kedaluwarsa. Anda juga perlu menjaga agar makeup selalu tersimpan rapi setelah digunakan. Taruh produk dan peralatan makeup di ruangan dengan suhu kamar, yaitu sekitar 25 derajat Celcius.

Jangan Pakai Makeup Orang Lain
Tukar menukar makeup dengan orang lain juga bisa membuat bakteri tumbuh subur. Coba lebih teliti dalam meminjamkan produk makeup Anda, karena ada produk yang sebaiknya bersifat personal dan tidak di-share dengan orang lain seperti lip balm, lipstik, maskara, dan concealer.

Untuk produk dengan kemasan tube dan pump rasanya sih aman-aman saja, tapi kalau berbentuk jar atau memiliki aplikator bawaan seperti wand atau doe-foot applicator, sebaiknya gunakan aplikator atau spatula yang bersih agar produk tidak mudah terkontaminasi bakteri. (vemale.com/Desy)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.