Ladies, Ini 5 Kebiasaan yang Tanpa Anda Sadari Bisa Menyumbat Pori-pori

  • Bagikan
Penyebab Jerawat Yang Tak Disadari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki wajah yang berjerawat tentunya setiap orang tidak menginginkannya. Karena, bukan hanya akan mengganggu penampilan tapi juga mengurangi rasa percaya diri Anda dalam menjalani aktivitas.

Ada berbagai kebiasaan yang ternyata tanpa disadari bisa membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga munculah jerawat dan masalah kulit wajah lainnya. Salah satu kebiasaan buruk itu Anda lupa atau justru malas untuk mencuci wajah.

Tidak hanya itu saja, ada kebiasaan lain yang mungkin belum Anda ketahui malah menyebabkan pori-pori semakin tersumbat. Apa saja itu?. Berikut uraiannya:

Malas Mengangkat Sisa Makeup
Mengangkat sisa makeup sebelum tidur merupakan tahapan penting untuk merawat kulit. Jika sampai terlewat, sisa makeup yang telah bercampur dengan minyak dan debu itu malah akan semakin menyumbat pori-pori kulit. Tidak hanya itu saja, malas menghapus sisa makeup juga dapat memperbesar ukuran pori dan mempercepat proses penuaan.

Sering Menyentuh Wajah
Sering menyentuh wajah merupakan kebiasaan buruk yang paling sering disepelekan wanita. Terkadang, ada juga sih beberapa di antara mereka masih nggak ngeh kalau sering melakukan hal ini. Padahal, coba deh pikirkan kembali, benda-benda apa saja yang hari itu sudah Anda pegang?. Mungkin laptop, handphone, atau benda lainnya.

Anda pun tidak tahu kan ada berapa banyak kuman dan bakteri yang menempel pada benda tersebut?. Menyentuh wajah setelah melakukan aktivitas fisik tersebut hanya akan menyebabkan minyak, debu, bakteri dan kotoran lainnya berpindah ke kulit. Kebiasaan ini tentu juga dapat menyumbat pori. Untuk itu, kurang-kurangi kebiasaan buruk seperti ini.

Jarang Mengeksfoliasi Kulit
Selain rajin membersihkan wajah, Anda juga perlu mengeksfoliasi kulit secara rutin. Karena, cleanser saja tidak cukup untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Lakukan eksfoliasi setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu dengan menggunakan toner ataupun masker. Selain efektif dalam mengangkat kotoran, minyak dan debu, eksfoliasi juga baik untuk mencegah timbulnya jerawat, serta membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

Terlalu Sering Terpapar Polusi
Terlalu sering terpapar polusi tanpa perlindungan khusus juga dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Selain itu, polusi udara juga bisa menimbulkan jerawat dan memperburuk kondisi kesehatan kulit. Tapi, kini Anda tidak perlu khawatir. Rutin mengenakan masker berbahan dasar activated charcoal ternyata dapat mengatasi permasalahan yang timbul akibat sering terpapar polusi, lho.

Activated charcoal mengandung karbon aktif yang bisa memerangi efek jahat polusi. Selain mampu mengeluarkan toksin dari dalam kulit, beberapa produk charcoal mask yang beredar di pasaran juga berfungsi sebagai exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tidak Menggunakan Kosmetik yang Tepat
Beberapa wanita mungkin tidak sadar kalau produk perawatan kulit yang mereka gunakan ternyata mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Untuk itu, pilihlah produk kosmetik yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic.

Selain itu, hindari pula makeup yang terbuat dari campuran paraffin wax dan isopropyl myristate agar risiko timbulnya jerawat pun semakin berkurang. (vemale.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.