Ladies, Penting Perhatikan 7 Hal Ini Ketika Gunakan Sunblock

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Penting Perhatikan 7 Hal Ini Ketika Gunakan Sunblock
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan kaum hawa sebelum memulai aktivitas di luar ruangan mengoleskan sunblock atau sunscreen atau yang lebih dikenal dengan sebutan tabir surya. Ini merupakan hal yang wajib hukumnya dilakukan untuk perawatan kecantikan kulit. Khususnya bagi mereka yang aktif bekerja di luar ruangan setiap hari.

Kendatipun Anda termasuk dalam golongan orang yang bekerja di dalam gedung dan jarang berkegiatan di luar ruangan sekalipun, tidak berarti boleh mengabaikan rutinitas kecantikan yang satu ini. Radiasi dari cahaya laptop atau komputer juga berpotensi merusak kulit.

Menggunakan tabir surya penting untuk melindungi dari paparan sinar matahari, khususnya sinar UVA dan UVB yang terkandung di dalamnya karena sinar UVA dapat merusak elastin dan mengurangi stok kolagen yang ada dalam lapisan kulit Anda. Apalagi, malas menggunakan tabir surya setiap hari berpotensi menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kolagen dan elastin yang tidak terproteksi dengan baik.

Akibatnya, kebiasaan buruk ini mempercepat proses pengenduran kulit, pembentukan keriput atau garis halus, dan munculnya flek hitam pada area wajah. Malas menggunakan sunblock juga meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Demi kecantikan kulit, selain harus jeli memilih tabir surya yang cocok, Anda juga harus menggunakannya dengan cara yang tepat.

Berikut ini uraiannya:

Oleskan SPF Sehabis Mandi
Hal ini merupakan kiat jitu agar SPF teraplikasi rata di seluruh permukaan tubuh. Karena mandi merupakan satu-satunya momen ketika kulit tidak tertutup sehelai pakaian pun, dengan demikian, area yang sulit dijangkau seperti tengkuk, punggung, dan bokong bisa teroles dengan sempurna.

Gunakan SPF 30 Menit Sebelum Keluar Rumah
Sayangnya, banyak orang yang salah kaprah mengenai hal ini. SPF harus diaplikasikan sekurang-kurangnya 30 menit sebelum melangkahkan kaki ke luar rumah. Karena teksturnya yang kental dan creamy, SPF butuh waktu hingga meresap sempurna pada permukaan kulit. Jadi, jangan buru-buru!

Jangan Oleskan SPF Badan untuk Wajah
Hal ini harus Anda perhatikan sungguh-sungguh. Ada perbedaan signifikan antara kandungan SPF badan dan wajah. Kulit muka jauh lebih sensitif ketimbang badan, sehingga harus menggunakan SPF khusus dengan formula yang ramah dan tidak memicu tumbuhnya iritasi serta jerawat pada wajah.

Jangan Pelit Oleskan SPF
Meski tidak terlihat, hati-hati agar tidak mengoleskan terlalu sedikit SPF pada kulit. Sebagai indikator, oleskan satu sendok teh sunscreen pada masing-masing lengan. Sedangkan untuk kaki dan paha butuh lebih banyak, yaitu dua sendok teh. Karena jika mengoleskan SPF terlalu sedikit, perlindungan yang diberi pun tidak akan maksimal.

Bibir juga harus Dilindungi SPF
Banyak orang lupa bahwa sama seperti area tubuh lainnya, kulit bibir juga bisa terbakar dan butuh perlindungan dari sinar matahari. Sebaiknya, gunakan lipbalm khusus yang mengandung SPF.

Baca Juga: Ini 6 Trik Pilih Sunblock yang Cocok Bagi Kulit Anda

Selalu Aplikasikan Ulang
SPF memiliki jangka waktu perlindungan yang berbeda-beda. Ada yang tahan empat jam, namun ada pula yang tahan hingga delapan jam. Agar perlindungan yang diberi tetap maksimal, selalu aplikasi ulang SPF bila memungkinkan. Karena saat berlibur, SPF bisa luntur terkena air laut ataupun keringat.

Tetap Pakai SPF Meski Mendung
Tidak ada matahari bukan berarti Anda bisa bisa absen menggunakan SPF. Para ahli menuturkan bahwa Anda bisa tetap terpapar sinar UV meski dalam cuaca mendung sekalipun. Jadi, jangan ambil risiko untuk tidak melindungi dan merawat kecantikan kulit, apapun cuacanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.