Lahan Baru, TikTok Bayar Pembuat Konten

Avatar of PortalMadura.Com
Lahan Baru, TikTok Bayar Pembuat Konten
Ilustrasi (google)

PortalMadura.Com akan membayar pembuat konten berdasarkan seberapa baik konten yang dibuat kreator sesuai dengan yang dicari para pengguna lainnya.

PortalMadura.Com, Selasa (19/3/2024) melansir sindonews.com disebutkan, bahwa metrik itu sebagai ‘nilai pencarian' dan ini adalah salah satu dari 4 elemen inti dalam menentukan pembayaran.

Hal tersebut merupakan lahan baru bagi para kreator. The Verge, Selasa (19/3/2024) menyebutkan, TikTok mengumumkan perubahan itu sebagai bagian dari program monetisasi yang disebut Creator Rewards.

Metrik ini ibarat SEO (Search Engine Optimization) versi TikTok. Salah satu taktik dalam SEO adalah riset kata kunci, di mana penerbit membuat konten yang sesuai dengan apa yang dicari orang (biasanya menggunakan Google).

Di TikTok, nilai pencarian diukur berdasarkan apakah pembuat konten memposting konten tentang topik yang dicari pengguna di aplikasi.

TikTok mendorong pembuat konten untuk menggunakan alat baru yang disebut Wawasan Pencarian Pembuat Konten untuk meneliti tren pencarian.

“Dengan wawasan ini, pembuat konten dapat mencari inspirasi untuk konten mereka, menyesuaikan strategi kreatif mereka untuk memenuhi minat pemirsa, dan membuat konten yang ingin dilihat lebih banyak orang,” kata perusahaan itu dalam sebuah postingan blog.

Alat wawasan ini pada dasarnya memberikan ide video yang dapat dibuat oleh pembuat konten, berdasarkan data yang dipersonalisasi dan umum. Contohnya, di akun saya, TikTok merekomendasikan topik “Pakaian Suksesi” untuk dijadikan konten. Topik lain yang direkomendasikan termasuk “Kursi Herman Miller”, “Ide Kamar Fairy Grunge”, dan “Muffin Stroberi”.

Beralih ke tab tren yang lebih umum dan memfilter ke kategori “pariwisata”, TikTok merekomendasikan “Grand Oasis Cancun”, “Hal-hal paling hemat untuk dilakukan”, dan “Hal-hal penting untuk backpacking”. Salah satu cara untuk memahami perubahan ini adalah dengan melihatnya sebagai insentif bagi pembuat konten untuk membuat video yang memenuhi kebutuhan bisnis TikTok.

Jika pengguna menelusuri “bengkel penyedot debu terbaik NYC” dan tidak menemukan video relevan di platform, itu menjadi masalah bagi TikTok – pengguna mungkin akan meninggalkan aplikasi dan mencarinya di Google Maps atau Yelp.

TikTok menyediakan alat baru untuk membantu pembuat konten menemukan ide video berdasarkan tren pencarian. Perubahan ini dapat mendorong kreator untuk membuat konten yang lebih bermanfaat dan menarik bagi pengguna.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.