Laki-laki, Ajarkan Wanita Dua Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah, Inilah Kriteria Cantik Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Islam merupakan agama yang mengangkat derajat wanita. Dia begitu dilindungi bahkan dan disanjung. Hal tersebut jelas dengan adanya beberapa surat dalam Alquran tentang wanita, diantaranya yaitu surah An-Nisa dan Maryam. Karena wanita merupakan sosok yang melahirkan dan mendidik seorang anak hingga besar dan sukses sampai dalam islam surga berada di bawah telapak kaki Ibu.

Menjelang wafatnya, Nabi SAW berpesan secara khusus untuk memberikan perhatian dan nasihat kepada wanita. Dalam salah satu hadis, Nabi SAW memerintahkan kepada kaum Muslimin agar mengajarkan dua hal kepada kaum wanita.

Ajarkanlah kepada kaum wanita memintal dan surah An-Nur. (HR Baihaki).

Pertama, ajarkan wanita tentang memintal. Memintal merupakan keahlian khusus. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, memintal berarti: memilih untuk membuat tali. Dalam kegiatan memintal terdapat nilai-nilai kesabaran dan ketelatenan.

Lebih dari hal itu, menunjukkan pentingnya memberikan keterampilan kepada kaum wanita, terutama berkaitan keterampilan dalam mengelola rumah tangga. Seperti, pendidikan anak, pengelolaan keuangan keluarga, pengelolaan dalam masak-memasak, hingga dalam tata kelola rumah.

Kedua, ajarkan wanita surah An-Nur. Salah satu kandungan yang terdapat dalam surah An-Nur yang berkaitan dengan kaum wanita adalah ayat 31. Ada tiga hal perintah untuk mengajarkan kepada wanita yang terdapat dalam ayat 31, yaitu menjaga pandangan, menjaga kemaluan, dan menjaga aurat dan batasan nya.

Allah SWT berfirman, Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kema luannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah me nam pakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhias an yang mereka sem bunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung (QS an-Nur [24]: 31).

Demikian anjuran yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada kaum hawa. Semoga Allah membimbing kita sebagai wanita agar dapat melaksanakan dua hal yang telah diajarkan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Amin.(republika.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.