Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan
Ilustrasi (Kompas Otomotif)

PortalMadura.Com – Mesin tiba-tiba tidak bisa menyala saat distarter pasti akan membuat Anda kesal. Apalagi di waktu itu, Anda sudah merencakan untuk pergi ke suatu tempat bersama keluarga. Jika hal itu terjadi, berusahalah tenang dan jangan panik.

Anda perlu tahu beberapa cara yang bisa dilakukan saat mobil tak bisa dinyalakan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Mengecek Tutup Distributor

Langkah pertama yaitu dengan membersihkan tutup distributor yang kemudian dilanjutkan dengan pengeringan. Jika masih belum bisa dinyalakan, sebaiknya ganti tutup distributor agar mobil dapat berjalan kembali.

Mengecek Kondisi Aki

Umumnya, ketika mesin mobil tidak dapat distarter, masalah utamanya berasal dari aki. Oleh sebab itu, cek kondisi aki. Air aki menjadi fokus utama karena bisa jadi kotor, kering, atau sudah lama tidak terawat, sehingga tidak dapat mengalirkan tenaga menuju listrik.

Mengecek Bensin dan Aliran

Pengecekan bensin dan alirannya juga perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab mesin rewel, biasanya ketika mesin rewel kemungkinan kondisi bensin akan habis. Tidak hanya itu aliran bensin menuju mesin juga perlu dilakukan pengecekan karena ditakutkan mengalami penyumbatan.

Hal lain yang perlu dicek adalah fuel pump melalui indikator layar Multi Information Display (MID) pada dashboard speedometer, bagian Check Engine menunjukan kondisi fuel pump. Kondisi mesin yang dingin juga menyebabkan indikator fuel pump lemah sehingga mesin tidak bisa distarter.

Periksa Kabel Koneksi Aki

Saat mesin tidak mau menyala dan kondisi lampu juga mati, sebaiknya Anda mengecek keadaan kabel aki, bisa jadi posisi kabel mengendur. Untuk memperbaikinya, lepas terlebih dahulu kemudian bersihkan dan pasangkan kembali.

Jump Start

Langkah selanjutnya untuk mengatasi mobil tidak bisa distarter adalah dengan melakukan jump start. Namun, langkah ini memerlukan aki dan mobil lain untuk mendapatkan tenaga baru pada aki yang rewel.

Membersihkan Karburator

Untuk mengatasi permasalahan ini, bersihkah karburator secara berkala karena jika karburator kotor maka akan menghambat penyaluran bahan bakar menuju ruang bakar.

Membersihkan Busi

Pembersihan busi dapat kalian lakukan hanya dengan bermodalkan kain, cukup gosokkan kain hingga bersih. Jika busi terlihat rusak maka segera ganti agar kerusakan tidak berkepanjangan.

Periksa Dinamo Starter dan Alternator

Permasalahan mesin rewel biasanya muncul saat mobil sudah lama tidak digunakan, biasanya penyebabnya adalah kondisi dinamo starter dan alternator yang bermasalah. Segeralah membawa mobil menuju bengkel atau memanggil mekanik untuk memperbaikinya.

Cek Suhu Koil

Suhu koil yang terlalu panas, juga dapat menjadi penyebab mobil tidak mau menyala. Disarankan bagi Anda untuk segera mengganti koil agar dapat berjalan dengan normal.

Servis Rutin

Cara yang paling manjur untuk mengatasi permasalahan di atas dengan melakukan servis rutin. Cara ini dapat dilakukan untuk merawat mobil dengan benar. Lebih baik serahkan kepada Mekanik atau montir yang berpengalaman agar membersihkan komponen mobil dan memperbaiki jika ada masalah pada mobil Anda.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.