Lakukan 3 Amalan Ini Pahalanya Seperti Ibadah Haji

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 3 Amalan Ini Pahalanya Seperti Ibadah Haji
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menunaikan merupakan cita-cita umat muslim untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Sebab, ibadah haji dilakukan oleh muslim yang secara fisik dan finansial mampu melkasankan perjalanan dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka. Kewajiban melaksanakan ibadah haji jelas dijelaskan dalam Alquran,

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah” (Q.S. Ali Imran: 97).

Namun, Anda jangan dulu bersedih bagi yang belum bisa melaksanakan ibadah tahun ini. Sebab, sesungguhnya Allah memberikan ganjaran yang besar bagi hamba-Nya yang mau melaksanakan amal saleh dan terus menerus. apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Salat Lima Waktu Berjemaah di Masjid
Seperti halnya yang dijelaskan dalam Al-Mu'jam Al-Kabir. Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad bersabda:

“Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju salat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.”

Melakukan Salat Isyraq
Menunaikannya yaitu dengan salat subuh berjamaah di masjid dan dilanjutkan dengan berzikir hingga matahari terbit setinggi tombak (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit) serta menyempurnakan dengan salat sunnah dua rakaat (biasa disebut salat isyraq atau salat Duha di awal waktu). Dari Umamah radhiyallahu anhu, Nabi SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan salat Subuh berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan salat sunnah Duha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna.”

Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid
Perlu Anda ketahui, masjid tidak hanya untuk salat saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai kajian. Nah, bila Anda turut serta dan hadir dalam kajian tersebut akan dapat mendatangakan pahala sebesar pahala ibadah haji. Dari Umamah radhiyallahu anhu, Nabi SAW bersabda:

“Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

Demikian mengenai amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islami.co/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.