oleh

Lakukan 3 Cara Alami Ini yang Bisa Atasi Rambut Rontok Tanpa Obat

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, memiliki rambut rontok bisa sangat mengganggu dan mungkin memalukan. Apalagi kalau rambut yang rontoknya cukup parah. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok.

Anda bisa melakukan perawatan rambut rontok ini di rumah. Dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat dan menggunakan bahan alami, rambut rontok bisa diatasi tanpa menggunakan obat lho guys?

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Konsumsi nutrisi penting untuk rambut
Ada beberapa nutrisi yang dapat mengatasi rambut rontok. Pertama, Cukupi asupan zat besi dari menu makanan Anda. Suplemen zat besi dapat membantu Anda mengatasi anemia, karena anemia bisa menyebabkan rambut rontok. Sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain sayuran berdaun hijau, daun bawang, buah-buahan kering, daging, unggas, dan kacang mede.

Kedua, zinc dan biotin adalah sumber nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Orang yang kekurangan zinc dan biotin dapat memiliki rambut dan kuku yang tipis atau rapuh.

Baca Juga:

Ketiga yaitu protein yang mempunyai zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, cukupi asupan protein harian Anda.

Mengelola stres
Memiliki stres yang berlebihan bisa memicu rambut rontok, bahkan dapat menyebabkan kebotakan atau alopecia areata.

Cara yang mungkin bisa membantu mengelola stres Anda adalah dengan berolahraga, melakukan yoga, berdoa, atau meditasi. Ini memberikan efek yang akan menenangkan untuk pikiran Anda, sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih.

Baca Juga: 

Minyak esensial
Anda bisa menggunakan beberapa jenis minyak esensial ke bagian rambut yang rontok. Minyak esensial yang bisa digunakan antara lain minyak rosemary dan minyak lavender.

Minyak rosemary dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan serta melebatkan ketebalan rambut. Minyak rosemary bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme sel untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Sementara minyak lavender juga berperan sebagai antioksidan kuat guna mengurangi peradangan. Dengan meredakan peradangan, kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan setiap helai rambut Anda.

Baca Juga: 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan minyak esensial harus dicampur dengan minyak pengencer (misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa) serta pastikan Anda tidak alergi terhadap kandungan minyak esensial tersebut. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar