oleh

Lakukan 3 Cara Atasi Tubuh Nyeri dan Lemas saat PMS

PortalMadura.Com – Tubuh rasanya menjadi sangat lemas saat menjelang haid dan mengalami PMS (Premenstrual Syndrome). Gampang letih, capek, dan ditambah lagi emosi yang naik turun tak karuan. Benar-benar jadi siksaan tersendiri, ya.

Sebagian para perempuan, PMS bisa sangat mengganggu keseharian mereka. Agar PMS tidak semakin parah terkadang ada juga yang harus benar-benar istirahat penuh.

Kondisi setiap perempuan bisa berbeda satu sama lainnya. Untuk mengatasi tubuh nyeri atau lemas saat PMS, ada sejumlah cara yang bisa dicoba seperti cara-cara berikut ini.

Melakukan Olahraga yang Tidak Terlalu Intens
Dilansir fimela.com dikutip metro.co.uk, India Parker-Smith seorang pelatih olahraga pribadi mengungkapkan bahwa dua minggu menjelang haid, tubuh sebenarnya sedang mempersiapkan diri untuk kehamilan sehingga energi tubuh akan menurun.

Dia pun menyarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas yang tidak terlalu berat. Olahraga seperti melakukan gerakan yoga ringan dan peregangan otot bisa dilakukan. Bahkan olahraga kardio ringan seperti power walking dan bersepeda juga bisa dilakukan untuk menjaga suasana hati.

Loading...

Tingkatkan Konsumsi Protein
Bila kita melakukan olahraga kardio selama PMS, imbangi dengan konsumsi protein yang lebih banyak. Dengan begini, gula darah bisa tetap terjaga dan energi tubuh tidak cepat habis.

Baca Juga: Madura FC Raih Poin Penuh, Persiba Balikpapan Makin Terbenam di Zona Degradasi

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan endorfin yang dapat mengalirkan perasaan bahagia pada pembuluh darah kita. Olahraga yang diimbangi dengan konsumsi protein yang cukup akan sangat membantu meredakan gejala PMS dan melancarkan siklus haid.

Cukupi Kebutuhan Air Putih
Pastikan tubuhmu tidak dehidrasi dan tercukupi kebutuhan air minumnya. Air akan membantu memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Kekurangan cairan hanya akan membuat tubuh makin letih dan capek. Mengatasi tubuh yang letih saat sedang PMS memang kadang cukup sulit bila kondisi kita dalam keadaan stres.

Izinkan tubuh dan pikiran untuk istirahat serta konsumsi makanan bernutrisi, maka dengan cara itu setidaknya kita tidak akan gampang merasa capek atau letih.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com

Komentar