oleh

Lakukan 5 Cara Mengatasi Anak yang Sedang Marah

PortalMadura.Com – Menghadapi anak kecil yang mudah marah bukanlah pekerjaan yang mudah. Jika tak punya kesabaran ekstra, orang tua justru bisa ikut-ikutan tersulut emosi pada anak. Kemarahan anak biasanya terjadi karena beberapa hal.

Bisa karena keinginannya tidak terwujud, atau orang tua tidak mengerti apa maksud anak. Kesalah pahaman ini akhirnya berujung pada kemarahan si kecil pada orang tua. Suasana hati anak bisa berubah-ubah dan hal ini memang kadang membuat anak bisa “meledak” kapan saja.

Sebagai orang tua perlu benar-benar sabar menghadapi anak yang sedang marah. Melansir dari fimela.com dikutip oleh wowparenting.com, penyebab anak marah bisa karena kemampuan komunikasi mereka yang masih kurang dalam menyampaikan apa yang dirasakannya kepada orangtuanya.

Berbagai faktor lainnya juga bisa mempengaruhi suasana hati. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghadapi anak yang sedang marah dan berusaha menenangkannya.

Ajak Anak Bicara dengan Posisi Mata Sejajar
Saat anak sedang marah, posisikan diri dengan mata sejajar dengannya. Lalu, ajak bicara dan tanyakan apa yang membuatnya marah. Dengan cara ini, anak bisa merasa lebih diperhatikan dan bisa mengungkapkan perasaannya. Sehingga kita pun bisa membantu anak untuk menenangkan dirinya.

Beri Ruang pada Anak
Beri ruang dan kesempatan pada anak untuk marah. Misalnya, membiarkannya selama sepuluh menit untuk meluapkan kekesalannya sendiri. Membiarkan anak untuk duduk di tempat yang tenang dapat membantunya meredakan rasa kesalnya dan memproses emosinya.

Baca Juga: Bandar Sabu Sokobanah Sampang Diringkus Polisi

Gunakan Humor
Sebuah tawa untuk mengatasi rasa kesal dan marahnya anak adalah hal yang dibutuhkan oleh anak. Pasang “wajah jelek” atau ajak anak untuk bercanda bisa jadi salah satu cara untuk bantu meredakan amarahnya. Situasi akan terasa lebih menyenangkan dan perhatian anak bisa teralihkan.

Beri Pelukan Hangat pada Anak
Membuat segalanya lebih baik dengan pelukan dan dekapan hangat orang tua. Jika orang tua sering mengomeli atau membentak anak karena sikapnya yang sulit diatur saat marah, cobalah untuk mendekap dan memeluknya. Sebuah pelukan hangat bisa membantu anak lebih tenang dan tidak kesal lagi.

Cari Tahu Penyebabnya
Cari tahu pemicu kemarahannya. Apakah ia capek, marah, sedang butuh perhatian, atau mungkin sedang tak nyaman? Cari tahu kejadian yang terjadi sebelum anak tiba-tiba marah dan kesal. Setelah itu, kita bisa menemukan solusi dan jalan keluarnya yang lebih tepat.

Tidak selalu mudah untuk menghadapi anak yang sedang marah. Namun, kita bisa membantu anak untuk belajar memahami perasaannya dan menerima emosinya. Sehingga anak bisa terlatih juga dalam mengendalikan dirinya.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar