oleh

Unija Sumenep Terpilih Jadi PTS Inovatif ‘Green Campus’

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, terpilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ‘Green Campus‘.

“Ini yang pertama, sebelumnya kita tidak pernah dapat pengakuan sebagai kampus hijau (Green Campus),” kata Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman, Selasa (18/2/2020).

Penghargaan atau pengakuan tersebut diberikan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) yang di dalamnya terdapat 4.700-an perguruan tinggi swasta se-Indonesia.

dok. Kampus Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep (Istimewa)

Indikator kampus hijau, kata dia, adalah kampusnya nyaman, lokasi bersih, teduh, tempatnya indah, lingkungan sehat dan adanya ruang terbuka hijau. “Kriteria ini kita punya dan Alhamdulillah terpilih sebagai kampus hijau,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap tahun APTISI memilih kampus atau perguruan tinggi yang inovatif. Ada 13 kriteria yang selama ini menjadi patokan, yakni ada kampus berbasis full informasi teknologi, kampus efisien, green campus, dan kampus wirausaha.

Selain itu, ada kampus penghasil potensi produktif, kampus pengirim tenaga terbanyak ke luar negeri, kampus religius, berbudaya, terbanyak mahasiswanya, kampus banyak meraih prestasi, kampus banyak mahasiswa asing dan prodi akreditasi A terbanyak.

Setiap kampus bisa saja lebih dari satu penghargaan yang diraih. “Tergantung kampusnya. Dan kampus yang meraih penghargaan tahun kemarin belum tentu mendapatkan tahun berikutnya jika tidak mampu mempertahankan,” katanya.

Ke depan, pihaknya menginginkan penghargaan yang diraih sebagai kampus hijau oleh Unija mampu dipertahankan. “Bahkan, harus ditingkatkan dan mengejar kriteria lainnya, sehingga tidak hanya satu penghargaan yang didapat,” tandasnya.(*)

Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar