Lakukan 5 Hal Ini Agar Terhindar dari Microsleep

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 5 Hal Ini Agar Terhindar dari Microsleep
Ilustrasi (tirto.ID)

PortalMadura.Com – Dalam berkendara harus hati-hati karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Apalagi bila terjadi atau tertidur dalam hitungan detik. Ketika pemotor kehilangan kesadarannya, maka laju kendaraan tidak terarah. Hal ini yang bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, jika microsleep terjadi hingga 30 detik, dan dalam satu detik bisa kehilangan jarak 11,1 meter. Oleh karena itu, sebelum berkendara Anda perlu menyiapkan beberapa hal ini agar terhindar dari microsleep.

Siapkan Road Map

Ketika melakukan perjalanan, apalagi jika jaraknya jauh, disarankan untuk membuat road map atau rencana perjalanan. Road map tersebut berisi perkiraan di mana Anda harus berhenti untuk istirahat. Dengan begitu, arah perjalanan menjadi jelas, sekaligus kondisi tubuh tetap prima.

Perlengkapan Berkendara

Kemudian siapkan dan pakailah perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan. Di musim pandemi Corona, jangan lupa juga untuk memakai masker.

Makan Berkualitas

Makanlah makanan yang berkualitas. Maksudnya di sini bukanlah makan asal kenyang, tetapi diperhatikan kandungan makanan yang akan dimakan. Usahakan jangan terlalu banyak karbohidrat. Sebab hal itu akan mengundang kantuk.

Pakai Helm Double Visor

Hal penting lainnya yaitu memakai helm double visor. Penting, sebab bisa menghindari cahaya matahari yang menyilaukan mata. Pasalnya hal itu dapat membuat mata cepat capek dan membuat mengantuk.

Melakukan Senam Kecil

Hal penting lainnya yaitu melakukan senam kecil sebelum motoran. Agar oksigen mengalir ke seluruh tubuh dan siap untuk diajak bermanuver mengendarai . Paling tidak harus melakukan senam kecil selama 5-10 menit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.