oleh

Lakukan 5 Hal ini Untuk Menjaga Kesegaran Mulut Saat Berpuasa

PortalMadura.Com – Saat berpuasa menjaga kesegaran mulut menjadi hal yang perlu diperhatikan. karena saat berpuasa ulut dalam kondisi kering (xerostomia) dan tidak memiliki aktivitas mengolah makanan seperti biasa. Ditambah lagi dengan aktivitas bakteri dalam kondisi lambung yang kosong.

Bau mulut menjadi perkara yang akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Seseorang yang sedang bau mulut pasti akan mengurangi berkomunikasi dengan orang lain. Dan untuk mencegah hal yang demikian terjadi Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai pencegahan. Dilansir dari Merdeka.Com, Jumat (9/4/2021) melakukan hal-hal ini akan membuat anda terhindar dari bau mulut:

Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka

Disarankan agar Anda meminum 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya Ketika bulan puasa, guna meminimalisir bau mulut di siang hari saat Anda harus beraktivitas di luar. Dengan mengonsumsi air putih akan membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut yang dapat membantu menjaga kebersihan mulut yang kering.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang akan mengurangi bau mulut. Seperti buah dan sayuran, makanan ini terbukti dapat membantu napas tetap segar selama seharian berpuasa. Terutama buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka. Sementara, buah dan sayur lain yang dapat membantu mencegah bau mulut adalah bengkuang, apel, wortel, jeruk, nanas.

Minum Teh Hijau

Selain air putih, buah dan sayur, ternyata mengonsumsi teh hijau juga dapat membantu mengatasi masalah bau mulut ketika sedang berpuasa. Teh hijau yang diminum sebaiknya jangan ditambahi gula. Kandungan olifenol dan antioksidan pada teh hijau diketahui bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah pertumbuhan bakteri pada saluran pernapasan dan mulut. Hal ini akan membantu mengurangi bau mulut saat berpuasa.

Sering Berkumur Dengan Mouthwash

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk mencegah kemunculan bau mulut. Untuk itu, Anda perlu melakukan Langkah tambahan agar napas terjaga kesegarannya. Hendaknya memilih obat kumur atau mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Pilih yang mengandung antiseptik, karena antiseptic membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari dan mencegah bau mulut saat berpuasa. Karena walaupun berpuasa kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber: Merdeka.Com

Komentar