Pandan, Daun Pewangi Alami Yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Pandan, Daun Pewangi Alami Yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh
Ilustrasi (Alodokter.Com)

PortalMadura.Com terkenal karena aromanya yang sangat khas. Di Indonesia, daun pandan kerap dimanfaat menjadi pewarna dan pewangi alami dalam berbagai masakan.

Di balik itu, ada banyak manfaat daun pandan bagi kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga mencegah . Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (9/4/2021) berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan beta-karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

Mengontrol

Ekstrak daun ini diketahui dapat menghambat penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terjaga dan risiko terkena diabetes menurun.

Mencegah Penyakit Kanker

Mengonsumsi daun pandan juga berpotensi mencegah penyakit kanker. Hal ini karena daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang memiliki sifat antioksidan.

Meredakan Nyeri Sendi

Ekstrak daun pandan mengandung banyak senyawa bioaktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis).

Mengobati

Kandungan asam tanat pada daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, misalnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Menjaga Fungsi Penglihatan

Vitamin A dan kandungan beta-karoten pada daun pandan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.