Lakukan ini untuk Atasi Gigi Anak Tumbuh Berantakan

  • Bagikan
Lakukan-ini-untuk-Atasi-Gigi-Anak-Tumbuh-Berantakan
Ilustrasi (hellosehat.com)

PortalMadura.Com – Masalah kesehatan gigi pada anak tentu perlu diperhatikan. Biasanya selain gigi berlubang, gigi berantakan pada anak juga menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan.

Tidak sedikit anak yang mengalami gigi berantakan. Anda tidak perlu cemas ketika memiliki anak yang giginya tumbuh berantakan. Dilansir dari laman Popmama.Com, berikut cara mengatasi gigi yang tumbuh berantakan.

Lakukan Kunjungan Ke Dokter Gigi

Sebaiknya orang tua sangat penting melatih anak untuk berkunjung ke dokter gigi secara rutin. Hal ini karena dokter spesialis gigi berperan penting dalam memantau petumbuhan gigi anak yang baik. Dokter gigi juga akan menunjukkan cara-cara membersihkan dan merawat gigi dengan benar.

Perbaiki Kebiasaan yang Menjadi Pemicu

Jika gigi anak tumbuh berantakan, Anda mungkin bisa mengatasinya dengan mengoreksi kebiasaan apa saja yang menjadi pemicunya. Kemudian, perbaiki dengan menghentikan kebiasaan tersebut.

Misalnya, kebiasaan anak dalam menggunakan dot atau menghisap ibu jarinya. Jangan lupa untuk konsisten dan memberikan dukungan sehingga anak merasa nyaman ketika melakukannya.

Pantau Pertumbuhan Gigi Anak

Pada usia balita dan prasekolah, gigi anak yang tumbuh berantakan mungkin masih dapat diperbaiki karena masih termasuk gigi susu dan belum permanen. Saat gigi susu yang berantakan, bisa saja gigi permanennya tumbuh lebih baik. Maka, teruslah memantau pertumbuhannya dengan cermat.

Namun, jika gigi permanen anak tetap tumbuh tak beraturan, dokter gigi biasanya akan menyarankan untuk menemui orthodontist. Anak akan diarahkan untuk melakukan beberapa perawatan, seperti menggunakan kawat, invisalign (teknik merapikan gigi dengan menggunakan plastik bening khusus, tanpa kawat), atau teknik lain sebagai solusinya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.