Lakukan Ini Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan Ini Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kecanggihan teknologi saat ini membuat informasi sangat mudah didapat. -anak pun sangat akrab dengan internet untuk mencari apa yang dibutuhkan. Tinggal buka gadget, mereka bisa berselancar di internet.

Namun perlu diingat, pemakaian gadget secara berlebihan pada anak bisa berdampak negatif pada perkembangan mereka. Maka, sebaiknya kontrollah penggunaan gadget pada anak Anda. Caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tunjukkan penggunaan gadget yang bijak
Anak-anak akan selalu melihat orang tua mereka sebagai contoh dalam melakukan suatu hal. Maka dari itu, berikan contoh pada anak bagaimana menggunakan gadget yang bijak dalam kegiatan sehari-hari.

Batasi penggunaan gadget pada diri sendiri sebelum Anda meminta anak melakukannya. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau TV, maka jangan harap anak-anak akan lepas dari gadgetnya.

Pelajari teknologi terkini
Kebanyakan anak-anak sekarang sudah pintar dalam hal teknologi dan bahkan lebih menguasai teknologi daripada orang tuanya. Nah, tugas Bunda adalah memelajari teknologi terkini.

Cobalah untuk mengetahui sosial media apa saja yang sedang digandrungi anak muda atau aplikasi ponsel pintar apa yang sedang ramai diperbincangkan. Anda dapat melakukan riset di internet dan bergabung dengan forum yang membahas kemajuan teknologi informasi.

Buat area bebas gadget
Cobalah untuk membuat area bebas gadget di rumah di mana tidak boleh ada yang menggunakan gadget sama sekali baik laptop, televisi, video games, atau ponsel. Ruang makan bisa menjadi tempat yang cocok untuk area bebas gadget agar Anda dan anak-anak bisa berbicara dan bercerita selagi berkumpul bersama keluarga.

Jadwalkan waktu bebas gadget
Selain area bebas gadget, Bunda juga bisa membuat waktu bersama yang bebas dari gadget. Waktu makan atau waktu sebelum tidur bisa menjadi waktu yang pas untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga tanpa ada gangguan gadget.

Di waktu tersebut Anda bisa mengajak anak-anak untuk saling berbagi cerita tentang bagaimana kegiatan mereka seharian. Usahakan untuk mengajak suami juga untuk turut serta dalam waktu bebas gadget tersebut.

Gunakan kontrol orang tua
Lindungi anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usianya pada televisi atau dunia maya. Bunda bisa menggunakan kontrol orang tua di mana Anda bisa memantau apa yang mereka lihat di televisi atau dunia maya. Anda juga bisa menggunakan TV kabel untuk memilihkan acara televisi yang sesuai dengan usia anak-anak.
(vemale.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.