oleh

Lakukanlah 5 Cara Mengatasi Punggung yang Terasa Panas

PortalMadura.Com – Sejumlah faktor dari kulit terbakar matahari, asam lambung naik, nyeri saraf dan masih banyak lagi merupakan penyebab rasa panas pada punggung. Cara mengatasi punggung yang panas perlu disesuaikan dengan pemicunya.

Sensasi panas pada bagian tubuh mana pun tidak boleh diabaikan. Sebab pemicunya bisa saja kondisi yang serius sehingga perlu segera ditangani. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi panas pada punggung berdasarkan penyebab yang paling umum.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Menggunakan Kompres Dingin
Kompres dingin bisa membantu meredakan panas akibat peradangan, otot tegang, dan cedera ringan. Anda dapat mengandalkan cara ini untuk mengatasi rasa panas pada punggung selama beberapa hari pertama munculnya gejala.

Caranya, bungkuslah es batu dengan handuk atau kain yang lembut. Tempelkan pada punggung selama 10-20 menit. Jangan menempelkan es batu langsung pada kulit dan menggunakannya terlalu lama karena dapat merusak jaringan kulit yang sensitif.

Beristirahat Tapi Jangan Berlebihan
Istirahat langkah pengobatan akibat penularan hepatitis A. Beristirahat sejenak akan membuat otot punggung Anda lebih lentur dan rileks. Cobalah berbaring terlentang sambil meletakkan bantal di bawah lutut.

Baca Juga: Pemilihan BPD Gunung Maddah Gagal, Pemuda ‘Wadul’ Dewan

Jika Anda ingin berbaring miring, jepit bantal di antara kedua lutut. Ini akan mengurangi tekanan pada punggung. Cara ini akan membantu Anda mengatasi panas dan nyeri pada punggung.

Namun, cukup lakukan selama beberapa jam dan jangan terlalu lama. Pasalnya, terlalu lama berbaring bisa menghambat peredaran darah pada punggung dan membuatnya kaku.

Membuat Kulit Punggung Tetap Lembap
Jika rasa panas disebabkan karena kulit terbakar matahari, Anda dapat mengatasinya dengan membuat kulit punggung tetap lembap. Misalnya dengan mengoleskan krim pelembap yang mengandung aloe vera pada kulit yang terbakar matahari.

Seperti yang dilansir hellosehat.com dikutip dari lama American Academy of Dermatology, Anda pun dapat menggunakan krim pelembap mengandung hidrokortison. Kendati efektif, krim ini sebaiknya digunakan berdasarkan resep dokter.

Guna meredakan rasa perih, cobalah untuk berendam atau mandi di bawah kucuran air dingin. Bila terdapat luka lepuh yang berisi air, jangan memecahkan luka karena hal ini akan membuat kulit rentan terinfeksi. Cukup biarkan luka sembuh dengan sendirinya.

Mengonsumsi Obat NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs)
Obat NSAID digunakan untuk mengatasi gejala peradangan seperti nyeri, rasa panas, demam, dan bengkak. Karenanya, cara ini disarankan untuk mengatasi punggung yang panas akibat penyakit peradangan termasuk rematik, saraf terjepit, dan fibromyalgia.

Jenis obat NSAID yang sering digunakan untuk mengatasi gejala peradangan adalah ibuprofen dan naproxen. Meski keduanya bisa diminum tanpa resep, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui dosis aman yang dapat Anda minum setiap hari.

Mengatasi Asam Lambung yang Naik
Naiknya asam lambung dapat memicu nyeri dan rasa terbakar pada dada (heartburn). Bahkan, efek heartburn juga bisa menjalar ke punggung dan membuat area tersebut terasa nyeri dan panas. Gejala biasanya terpusat pada bagian tengah punggung atas.

Cara terbaik untuk mengatasi punggung yang panas akibat heartburn adalah dengan meredakan heartburn itu sendiri. Jika setiap cara yang Anda lakukan tidak bisa mengatasi rasa panas pada punggung, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar