oleh

Masa Golden Age Anak, Kapankah?

PortalMadura.Com – Istilah golden age (usia emas) mungkin sudah tidak asing didengar oleh sebagian orang. Di mana pada masa ini menjadi masa penting pertumbuhan dan perkembangannya.

Dengan kata lain, golden age merupakan suatu istilah yang mengacu pada periode emas pertumbuhan otaknya. Hal ini menjadi suatu periode tercepat pertumbuhan otak manusia.

Sejauh ini, belum banyak orang yang paham tentang periode ini. Sekilas mungkin hanya mendengar sebagai salah satu bahasa tren dalam dunia parenting atau mendidik anak.

Berbicara tentang usia emas anak, tahukah Anda, pada usia berapa dimulainya golden age tersebut?. Perlu Anda ketahui, periode emas pertumbuhan otak anak dimulai sejak bayi masih dalam kandungan.

Sebagaimana dilansir Fimela.com, yang dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, golden age dimulai ketika bayi usia kehamilan 24 minggu dan meningkat pesat hingga 3 tahun setelah dia lahir.

Maksudnya, periode emas pertumbuhan otak dimulai saat usia janin memasuki trimester ketiga sampai dengan anak usia 3 tahun. Jadi, Anda sebagai orang tua perlu memanfaatkan momen tersebut dengan baik.

Baca Juga : Bunda, Ini 5 Kegiatan Efektif yang Dapat Bantu Pertumbuhan Anak Saat Golden Age

Sebab, saat bayi usia kehamilan 24 minggu, ia sudah dapat merespons suara Anda dan suara dari luar rahim. Manfaat masa-masa ini untuk mengenalkan suara Anda atau suara suami Anda.

Caranya, Anda perlu mengajak bayi bicara sejak dalam kandungan. Bayi akan merespons suara Anda dan menyimpannya dalam memori. Memori ini akan dibuka kembali saat ia lahir, sehingga saat bayi Anda lahir dan menangis begitu dia mendengar suara Anda, Anda akan membuka kembali memorinya dan akan mengenali suara Anda untuk bisa kembali tenang.

Selain itu, bayi dalam kandungan yang menginjak 7 bulan sudah bisa merasakan rasa makanan yang sering Anda makan. Jadi, Apabila Anda menginginkan anak nanti suka makan sayur, maka Anda juga perlu mengonsumsi sayur selama mengandungnya.

Golden Age Hanya Terjadi Sekali Seumur Hidup

Jangan lewatkan kesempatan ini, karena periode emas pertumbuhan otak hanya terjadi sekali seumur hidup. Pada periode ini, terjadi pertumbuhan yang menyangkut aspek penambahan jumlah sel-sel saraf otak dan besar atau volume otak.

Usia anak di tahun pertama punya peranan paling besar dalam menentukan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak mereka. Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel otak baru di tahun ini adalah yang tercepat dalam sejarah manusia.

Sebagai informasi, berat otak anak di tahun pertama ini mencapai 300% dibandingkan berat otak anak begitu dilahirkan. Jadi, sudah tahu kan kapan dimulainya golden age anak?.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE