oleh

Lakukanlah, Tips Simpan Tauge Agar Awet dan Tahan Lama

PortalMadura.Com – Tauge termasuk sayuran yang banyak dipilih, karena bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, dari mulai tumisan, urap, aneka sayur, lalapan dan lainnya. Tauge termasuk sayuran yang mudah busuk, untuk itu sangat dianjurkan segera diolah menjadi masakan. Namun adakalanya kita tidak sempat memasak atau mungkin terlalu banyak membeli tauge sehingga mau tidak mau harus menyimpannya untuk dimasak kemudian hari.

Tauge juga memiliki segudang manfaat mengagumkan buat kesehatan. Bicara mengenai tauge, sayuran satu ini rupanya mudah layu dan kualitasnya menurun jika disimpan dengan cara yang kurang tepat dalam waktu lama. Lalu, bagaimana agar tauge bisa awet segar dan tahan lama?

Agar tauge awet segar dan tahan lama, usahakan untuk menyimpan tauge di dalam wadah plastik tertutup rapat atau kedap udara. Setelah itu, simpan tauge di dalam lemari es. Agar tauge tidak mudah busuk atau rusak selama penyimpanan, buang atau bersihkan kulit tauge. Bersihkan kulit tauge dari kulit kacangnya di bawah air mengalir. Patahkan juga ekor tauge yang mulai menghitam atau kering.

Setelah tauge dicuci bersih, tiriskan sebentar agar tauge yang disimpan tidak terlalu lembab. Tauge yang disimpan dalam kondisi lembab akan lebih mudah tumbuh. Kalau tauge tumbuh, kualitas rasanya pun akan berbeda dari sebelumnya.

Sebaiknya, tauge disimpan di lemari es tidak lebih dari 3 hari. Semakin lama tauge disimpan, tauge akan semakin rentan tumbuh dan kualitasnya menurun. Sebaiknya, tauge segera dimasak setelah dibeli atau dibuat. Semoga informasi ini bermanfaat.(fimela.com/Nurul)

Komentar