oleh

Resep Wedang Ronde Khas Yogyakarta Penghangat Badan di Musim Hujan

PortalMadura.Com – Salah satu kuliner khas Yogyakarta yang seringkali dirindukan para traveler, yaitu wedang ronde. Wedang tradisional ini sangat cocok dinikmati di musim hujan seperti sekarang ini sebagai teman ngobrol dengan sahabat.

Sebenarnya, minuman dari jahe ini sangat mudah dibuat. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmatinya tidak perlu repot-repot ke Yogyakarta. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut resep wedang ronde khas Yogyakarta:

Bahan Untuk Ronde:

135 ml air matang hangat
150 gr tepung ketan
1/4 sendok teh garam
Pewarna makanan, sesuai selera (Jika diperlukan)

Bahan Untuk Isi Ronde:

100 gr kacang tanah (sudah dikupas), goreng sangrai
25 gr gula pasir
1/8 sdt garam

Bahan Sirup Jahe:

2.000 ml air
400 gr gula pasir
400 gr jahe, dibakar, lalu digeprak
1 sdt garam
4 lbr daun pandan
6 btg serai, geprek

Bahan Pelengkap :

200 gr kolang-kaling rebus, diiris kecil-kecil
25 gr sagu mutiara merah (optional)
Kacang tanah sangrai secukupnya
3 buah roti tawar hilangkan kulitnya, potong kotak-kotak

Langkah-langkah membuat wedang ronde:

Cara membuat isi wedang ronde: Blender atau ulek kasar separuh dari kacang tanah saat masih hangat, gula pasir, dan garam sampai berbentuk menjadi butiran kecil-kecil tidak terlalu halus. Tambahkan, sedikit air agar mudah dibentuk. Kemudian bentuk secukupnya, lalu sisihkan. Untuk sisa kacang bisa dijadikan isian sirup jahenya.

Setelah itu, campurkan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit dan diuleni sampai adonan kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuka hati, lalu beri pewarna jika suka. Bulatkan dan isi dengan isian ronde tadi. Jangan lupa alas piring untuk ronde ditaburi tepung agar tidak lengket.

Masak air hingga mendidih. Masukan bola ronde yang sudah dibuat. Rebus hingga bola ronde mengapung. Selanjutnya, angkat dan tiriskan.

Cara membuat sirup jahe: Campurkan air, gula pasir, jahe, daun pandan, dan serai, rebus bahan-bahan tersebut dengan api kecil sampai mendidih dan harum.

Cara penyajian: Masukan bahan isian ronde dan pelengkapnya ke dalam mangkok, lalu tuangkan kuah ronde ke dalam mangkok. Wedang ronde khas Yogyakarta siap dinikmati selagi hangat. (cookpad.com/Salimah)


Komentar