oleh

Umat Muslim, Ini 7 Tanda Orang yang Takut Kepada Allah

PortalMadura.Com – Allah SWT merupakan Tuhan kita semesta alam. Allah lah yang menciptakan Alam semesta ini serta makhluk-makhluk yang hidup di dalamnya sampai saat ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai manusia yang memang tempatnya salah dan dosa , masih banyak orang yang tidak taat dan melenceng dari jalan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa ribuan bahkan jutaan umat muslim yang taat dan takut kepada Allah SWT.

Abu Laits al-Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin ada 7 tanda orang yang memiliki rasa takut kepada Allah. 7 tanda itu sebagai berikut:

Pertama, lisannya tidak pernah digunakan untuk berkata bohong dan gunjing. Lisannya fokus dzikir, baca Alquran, diskusi ilmu, dan hal baik lainnya.

Kedua, tidak masuk ke dalam perutnya kecuali makanan yang halal dan baik, dan meskipun makanan halal mereka mengosumsi secukupnya dan tidak berlebihan

Ketiga, pandangannya tidak digunakan untuk melihat sesuatu yang haram. Pandangannya digunakan untuk mengambil hikmah dari apa yang terjadi di dunia.

Keempat, tangannya tidak digunakan untuk yang diharamkan.

Kelima, kaki dan langkahnya digunakan untuk sesuatu yang baik dan bukan untuk maksiat.

Keenam, hatinya tidak dipenuhi rasa kebencian dan permusahaan.

Ketujuh, taat kepada Allah dengan penuh keikhlasan dan tidak takut kepada Allah karena untuk riya dan ingin dilihat orang lain.

Nah, itulah salah dua ciri-ciri atau tanda orang yang takut kepada Allah SWT dan akan selalu melakukan perintahnya serta menjauhi larangannya. Semoga kita termasuk kedalam golongan diatas. Amiin Allahhumma Amiin. (islami.co/Anek)

Komentar