Landasan Bus Terminal Sumenep Rusak, Fasilitas Penunjang Tak Layak

Penulis: Nor FitriyahEditor: Hartono
Landasan Bus Terminal Sumenep Rusak, Fasilitas Penunjang Tak Layak
Keberangkatan bus di Terminal Arya Wiraraja Sumenep (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Kondisi landasan bus di Terminal Arya Wiraraja, Kabupaten Sumenep, Madura, sudah banyak yang berlubang dan sejumlah fasilitas penunjang tidak layak.

Korsatpel Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi menjelaskan, terminal Arya Wiraraja yang dibangun sejak tahun 1995 merupakan tanggungjawab pemerintah pusat.

Menurutnya, sempat ada perbaikan ringan, namun tidak bertahan lama dan kembali rusak. Kerusakan itu, di antaranya pada landasan bus. Fasilitas penunjang seperti kamar kecil juga tidak layak pakai.

Pada tahun 2017, pihaknya mengajukan permohonan renovasi. “Namun belum ada tindakan sampai sekarang, 2022,” katanya, Kamis (18/8/2022).

Ia menyampaikan, pada tahun 2019 sempat ada rencana dari pemerintah pusat, bahwa semuanya akan dilakukan renovasi. Kala itu, sejumlah design dipaparkan dan sudah disepakati bersama.

“Tapi setelah ada Covid-19 tidak ada lanjutannya. Insyaallah setelah pandemi akan dibangun, karena memang kebutuhan,” ujarnya.

Rencananya, kata dia, konsep renovasi terminal akan menggunakan zona satu dan zona dua. “Modelnya ada zona satu, zona dua. Seperti di bandara, kalau sudah masuk zona dua tidak boleh pengantar ikut masuk,” katanya.

Pihaknya mengakui, kondisi terminal saat ini, tidak layak bila dibandingkan dengan terminal lain di Jawa Timur. “Kalau se-Jawa Timur, terminal sini memang kurang baik,” ucapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.