Asam Lambung Naik? Ini Penyebabnya dan 4 Cara Mengatasinya

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
Asam Lambung Naik? Ini Penyebabnya dan 4 Cara Mengatasinya
Asam Lambung Naik? Ini Penyebabnya dan 4 Cara Mengatasinya

PortalMadura.com- Penyakit asam lambung naik atau Gerd merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan yang cukup umum terjadi pada masyarakat. Kondisi ini membuat asam lambung yang sudah berada dalam perut naik kembali ke kerongkongan dan menimbulkan beragam gejala penyakit.

Gejala asam lambung naik yang cukup sering terjadi yakni munculnya rasa tidak nyaman sampai terasa panas di dada (heartburn). Menurut American Collage of Gastreonterlogy, rasa tidak nyaman tersebut bisa menjalar dari dada hingga dibelakang tulang dada.

Gejala asam lambung naik juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, pada beberapa penderita asam lambung naik merasakan mulutnya terasa pahit dan asam saat penyakitnya kambuh.

Asam lambung naik ini bisa berlangsung selama beberapa jam. Rasa tidak nyamn ini akan semakin memburuk setelah makan atau kondisi perut kosong.

Penyebab Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung naik yang hanya kumat sesekali ummunya tidak perlu khawatir, namun jika asam lambung sudah naik lebih dari dua kali selama satu minggu pem,icunya bisa karena gastreosofageal reflux disaese (Gerd).

Asam lambung bisa naik karena masalah kelainan pada lambung. Selain itu, penyebabnya asam lambung naik yang umum diantaranya:

  • Makan terlalu banyak
  • Langsung berbaring setelah makan
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
  • Makan makanan tertentu seperti jeruk, tomat, cokelat, mint, hingga makanan pedas lain
  • Minum teh, kopi, soda , alkohol, dan sebagainya
  • Merokok
  • Efek Samping obat-obatan

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Bagaimanapun penyebab asam lambung bisa naik, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Berikut beberapa cara pertolongan pertama saat penyakit asam lambung naik:

1. Longgarkan pakaian

Tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung, untuk itu pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu menghilanbgkan tekanan yang ada pada perut.

Saat asam lambung anda naik, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apapun yang bisa membuat semakin sesak.

2. Berdiri tegak

Posisi tubuh tertentu dapat menyebabkan asam lambung anda menjadi naik, posisi yangf tidak pas atau kureang nyaman dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Pada bagian tersebut terdapat otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Anda dapat merubah posisi tubuh anda untuk lebih tegak supaya bisa mengurangi tekanan pada sfingter esofagus, jika pada saat anda berbaring asam lambung anda kambuh cobalah posisi duduk atau berdiri. Apabila masih sakit pada saat berdiri, coba lebih tegakkan postur tubuh untuk berdirik lebih tegak.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat mengatasi penyakit asam lambung pada saat kambuh, mengapa? karena pada saat mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan menelan.

Cara tersebut sangat efektif dilakukan pada saat asam lambung sedang naik, karena dapat mengencerkan jalan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

4. Minum obat asam lambung

Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga perlu memberikan obat yang tepat bagi penderita, terdapat beberapa jenis obat asam lambung yang tersedia dipasaran, yakni:

– Antasida
– H2 Blocker
– Penghambat pompa proton (PPI)

Obat PPI dan H2 blocker dapat mengurangi produksi asam yang dikeluarkan oleh lambung, sehingga obat tersebut membantu sekali mengatasi asam lambung. Sedangkan antasida sendiri mempunyai fungsi untuk menetralkan asam lambung.

Itulah penyebab dan cara mengatasi asam lambung naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.