Langkah Mudah Mengajarkan Anak Mencuci Baju Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Langkah Mudah Mengajarkan Anak Mencuci Baju Sendiri
Ilustrasi (parenting.dream.co.id)

PortalMadura.Com – Bangun pagi, menyiapkan sarapan buat anak, bersih-bersih rumah sampai mencuci baju hampir menjadi kebiasaan rutin yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Bahkan untuk hari libur sekalipun ibu masih perlu membereskan semua pekerjaan rumah ini. Housekeeping skill atau kemampuan membersihkan rumah memang tampak sesuatu yang muncul secara natural. Padahal bila diingat-ingat Anda pernah diajari oleh Ibu untuk belajar membersihkan rumah hingga mencuci baju secara mandiri.

Bagi Anda yang memiliki anak perempuan, penting untuk mengajarkan ia melakukan pekerjaan ruma, termasuk mencuci baju. Mulai ajari si kecil dengan mencuci baju yang benar terlebih dulu. Dilansir dari laman Popmama.Com, Sabtu (01/5/2021) berikut langkah mudah mengajarkan anak mencuci baju sendiri:

Memisahkan Pakaian Kotor

Sebelum mengajak anak langsung mencuci baju, mula-mula kenalkan cara memisahkan pakaian kotor yang akan dicuci. Pisahkan pakaian yang mudah luntur dengan yang tidak.

Begitu juga dengan pakaian yang berwarna putih atau terang agar tak mudah berubah warna akibat kelunturan baju yang lain. Bila ada pakaian berbahan jeans, sebaiknya cuci terpisah karena juga mudah luntur.

Beberapa orang merendam pakaian kotor terlebih dulu. Cara ini memang terbukti efektif menghilangkan beberapa noda yang membandel.

Setelah pakaian kotor dipisahkan dalam tempat yang berbeda, mintalah anak merendamnya dengan detergen yang sudah disiapkan. Lakukan proses perendaman sekitar 15-30 menit sebelum menguceknya.

Setelah pakaian direndam dalam larutan detergen, ajaklah anak mengucek baju perlahan agar bisa bersih maksimal. Anak-anak sangat menyukai bagian ini karena dia juga bisa bermain gelembung sabun atau busa. Contohkan cara mengucek yang benar, bila perlu menggunakan papan penggilasan.

Tahapan terakhir dari mencuci adalah membilasnya dengan menggunakan air bersih. Supaya tidak membuang air terlalu banyak lakukan proses pembilasan ini dua kali saja.

Bilasan pertama dapat dilakukan dengan mengucek baju dalam air bersih, baru yang kedua dengan menyiramkan air bersih agar pakaian benar-benar bebas dari busa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.