oleh

Licorice, Si Kayu Manis Yang Banyak Manfaatnya

PortalMadura.Com – Licorice merupakan tanaman yang memiliki cita rasa manis. Karena rasanya itu, licorice kerap dijadikan zat perasa pada makanan dan minuman, bahkan rokok. Di Indonesia, licorice disebut juga dengan nama lain akar manis.

Licorice mengandung protein, karbohidrat, gula, vitamin A, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan glycyrrhizin. Ternyata kandungan pada akar tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi penyakit tertentu.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (01/5/2021), berikut adalah fakta manfaat kesehatan dari tanaman licorice:

Memperlancar Pernapasan

Mengonsumsi suplemen licorice diyakini mampu membantu melegakan saluran pernapasan dan meredakan batuk. Estrak licorice bekerja dengan cara memproduksi lendir sehat di sistem pernapasan, sehingga memudahkan pernapasan Anda.

Melindungi Kulit

Ekstrak licorice dipercaya mampu mengatasi kulit gatal dan meradang pada penderita eksim serta menangkal efek kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Manfaat licorice juga terlihat dapat memperbaiki kondisi hiperpigmentasi kulit. Efek ini diduga diperoleh dari kandungan zat aktif di dalam licorice yang mampu menekan peradangan di dalam tubuh.

Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Anda yang suka merasa nyeri ulu hati, sebaiknya coba mengonsumsi produk yang mengandung licorice. Hal ini karena licorice memiliki asam glycyrrhizic, yaitu senyawa yang bersifat antiradang dan mampu memicu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa ini bisa mencegah penyebaran bakteri H.

Mengurangi Permasalahan Gigi

Memakai pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice tidak membuat plak pada gigi berkurang. Begitu pula dengan permasalahan gigi lainnya, seperti radang gusi atau gusi berdarah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar