Langkah Super Mudah Pulihkan Mobil Penyok dan Tergores

Avatar of PortalMadura.com
Langkah Super Mudah Pulihkan Mobil Penyok dan Tergores
Ilustrasi (CNN Indonesia)

PortalMadura.Com – Menyetir kendaraan roda empat tentunya berbeda dengan roda dua. Baik itu dari segi teknik penguasaan jalan ataupun dalam hal pengendaliannya. Kalau motor bisa dengan mudah dibelokkan secara langsung, sedangkan mobil tidak bisa dikendalikan langsung melainkan perlu memutar stir.

Terkadang, saat pengemudi kurang menguasai sisi mobil dengan baik bagian bodi mobil akan terbentur dengan sesuatu di sekitarnya. Akibatnya, ke dalam dan tergores. Saat kejadian ini, Anda mungkin akan bingung karena yang ada di pikiran tentunya biaya perawatan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, masih ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Berikut kiatnya seperti dilansir Okezone.com yang dikutip dari berbagai sumber :

Mobil Penyok atau Pasok

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan hairdryer dan karbon dioksida. Caranya, arahkan hairdryer ke bagian mobil yang penyok hingga suhu menjadi hangat/panas. Kemudian, semprotkan karbondioksida ke bagian yang penyok sambil ditekan supaya kembali ke bentuk asalnya.

Baca Juga : Bumper Mobil Anda Penyok? Atasi Dengan Air Panas

Selain cara itu, Anda juga bisa mencoba cara kedua. Cara ini hampir sama dengan yang pertama. Bedanya, air panas dituang sedikit demi sedikit kemudian gunakan lap untuk menekan bagian yang penyok. Tapi hati-hati, jangan terlalu kencang menekannya karena bila terlalu keras akan membuat bodi pecah.

atau Tergores

Mobil yang terbentur tentunya tidak hanya akan penyok, bagian tertentu juga pasti tergores dan menimbulkan bekas di bodi mobil. Jika goresannya kecil, mungkin tidak akan terlihat, tapi apabila besar tentu akan mengurangi tampilan bagusnya.

Nah, cara penanganannya berbeda-beda antara goresan ringan, sedang maupun dalam, mungkin banyak orang yang belum tahu tentang itu. Lalu, bagaimana caranya?. Yuk simak berikut ini:

1. Goresan Ringan

Tidak sulit, cukup dengan wax, kompon, swirl remover, maupun stratch remover yang dioleskan pada kain halus, lalu gosokan ke bagian yang tergores. Jika sudah, semprotkan cairan polis agar permukaan cat kembali bersih dan kinclong.

2. Goresan Sedang

Goresan sedang bisa dilakukan dengan cara membersihkan terlebih dahulu permukaan yang tergores mengunakan grease remover dan wax. Kemudian, lakukan pengecetan ulang pada bagian yang tergores. Dengan begitu, lokasi yang tergores akan tertutupi.

3. Goresan Dalam

Goresan dalam ini biasanya sudah menembus cat dasar sampai mengenai logam bodi mobil. Kalau sudah begini, sebaiknya dilakukan pengecatan kembali. Caranya, dengan mengamplas beberapa kali ke bagian yang terkena goresan, lalu semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan tiner berkualitas.

Itulah cara penanganan mobil penyok dan tergores akibat terbentur. Apabila Anda masih mengalami kesulitan dan tidak bisa melakukannya sendiri, jangan ragu untuk datang ke body repair terdekat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.