4 Langkah untuk Mencoba Memberikan Makanan Padat pada Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
4 Langkah untuk Mencoba Memberikan Makanan Padat pada Si Kecil
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com – Ketika bayi menyusu atau minum lebih banyak dari yang lain setiap hari. Dianjurkan agar Anda memberi si kecil saat ia dapat duduk dengan sedikit atau tanpa menyangga, memiliki kendali kepala yang baik dan membuka mulut serta menyondongkan tubuh ke depan saat ditawarkan makanan. Hal ini biasanya terjadi antara usia 4-6 bulan.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (26/8/2020), berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan makanan padat kepada si kecil.

Kepada Si Kecil

Mulailah makan makanan padat ketika bayi menunjukkan tanda-tanda ia siap secara perkembangan. Biasanya ini berlangsung ketika ia berusia 4-6 bulan. Cobalah untuk memberikan sereal beras yang diperkaya zat besi. Pilih makanan sesuai dengan perkembangannya.

Jadwal Makan Anak

Bagi sebagian orang tua akan mencoba bereksperimen menemukan waktu yang terbaik untuk memberikan makan kepada si kecil. Biasanya, bayi akan paling mudah menerima makanan padat saat mereka tidak terlalu lapar atau kenyang. Jadi jika hendak ingin memcoba memberikan makanan padat cobalah untuk tidak memberikan asupan susu yang terlalu banyak supaya bayi dapat menerima makanan padat dengan mudah.

Waspadai Makanan yang Membuat Anak Tersedak

Cobalah berhati-hati dalam memberi makan kepada si kecil. Makanan seperti spageti yang belum dipotong, segumpal besar selai kacang, anggur utuh, kacang-kacangan, atau lainnya. Berikan makanan sesuai dengan ukuran yang mudah di makan si kecil agar mereka mudah untuk memakannya.

Berikan Makanan dengan Perlahan

Jika menggunakan pure, mulailah dengan setengah sendok teh saat pertama kali memasukkan makanan padat ke mulut si kecil. Kemudian perlahan tingkatkan perlahan-lahan menjadi satu sendok teh. Tingkatkan sesuai dengan perkembangan si kecil.

Itulah beberapa hal yang diperhatikan saat si kecil memulai makanan padat. Tetap perhatikan beberapa jenis makanan yang perlu dihindari si kecil yang mungkin memiliki alergi. Tetap konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang lebih aman.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.