oleh

Orang Puasa Akan Dapatkan 5 Kenikmatan Ini

PortalMadura.Com – Di bulan Ramadan umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Ibadah wajib ini dilakukan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain identik dengan menahan lapar dan haus, puasa juga harus menahan diri dari hawa nafsu dan kenikmatan duniawi.

Dibalik semua hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berpuasa, ternyata banyak kenikmatan yang bisa Anda dapatkan selama menjalankan ibadah puasa. Lantas apa saja kenikmatan itu?

Berikut ini penjelasannya:

Kenikmatan Menjaga Hawa Nafsu
Seorang muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan, agar dapat menguasai dan mengalahkan hawa nafsunya. Di dalam bulan Ramadan ini, seorang muslim diminta untuk menjauhi makan dan minum, juga suami istri diminta untuk menjauhi hubungan badan selama menjalankan puasa. Ketiga hal tersebut, yaitu makan, minum dan hubungan seksual, tidak lain merupakan kenikmatan-kenikmatan duniawi yang paling banyak dicari dan dikejar oleh manusia.

Kenikmatan Kesehatan
Menurut ilmu kedokteran dari beberapa hasil penelitian, ditemukan sejumlah manfaat menjalankan puasa untuk kesehatan, di antaranya dapat membuang racun-racun dalam tubuh melalui proses detoksifikasi ketika seseorang berpuasa, dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat, dan bagi penderita sakit maag dapat sembuh dan terbebas dari keluhan yang dirasakannya. Rasulullah Nabi Muhammad SAW pernah bersabda. “Berpuasalah, maka engkau akan sehat (HR. Thabrani)”.

Kenikmatan Berbuka Puasa
Dengan berbuka puasa umat akan mendapatkan nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Kembali dihalalkan Allah untuknya, berupa makanan, minuman dan persetubuhan, mengingat hal-hal tersebut sebelumnya diharamkan bagi orang puasa.

Loading...

Nikmat Dihapuskannya Dosa
“Siapa (orang) yang berpuasa bulan Ramadan karena percaya dan benar-benar mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni oleh Allah SWT.” (Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Baca Juga: Kenali 3 Tipe Orang Berpuasa Ramadan, Anda Termasuk yang Mana?

Nikmat Masuk Surganya Allah
“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.”(HR Bukhari dan Muslim).

Sungguh banyak kenikmatan yang didapat orang puasa saat menjalankan ibadah. Lantas bagaimana cara mendapatkannya? Ustadz Fathurrahman mengatakan,“Caranya dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebisa mungkin kita gunakan anggota tubuh kita dalam kebaikan, digerakkan sesuai tujuan diciptakannya. Tentunya ini semua ada ilmunya kan. Makanya mempelajari ilmu agama itu penting. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.”


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar