Layanan Prima, Bupati Sampang Launching Alat Canggih di RSUD dr. Mohammad Zyn

Avatar of PortalMadura.com
Layanan Prima, Bupati Sampang Launching Alat Canggih di RSUD dr. Mohammad Zyn
Launching alat Computerized Tomography (CT Scan) 128 slice di aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn.(Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, me-launching alat Computerized Tomography (CT Scan) 128 slice di aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn.

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Sampang, H. Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz, Dandim 0828/Sampang, Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Ketua DPRD Sampang, Fadol, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sampang, dan Ketua Pengadilan (PN) Sampang.

Pejabat lain yang hadir, yakni Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang, dr. Abdullah Najich, Direktur RSU Ketapang, serta kajaran Managemen RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyampaikan, peralatan canggih untuk rumah sakit sangat dibutuhkan. Sumber daya manusia yang mumpuni dengan prioritas pelayanan prima terhadap masyarakat maupun pasien juga sama-sama dibutuhkan.

“Alat CT -Scan ini, sebagai alat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pasien yang dapat direkam dengan sangat cepat. Misal, mudah merekam terhadap penyakit jantung,” ujarnya, Selasa (12/10/2021).

Alat CT Scan merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tahun 2020, berikut dengan beberapa sarana dan prasarana penunjang layanan kesehatan.

Pihaknya mengaku diminta mengusulkan kebutuhan yang dapat dialokasikan melalui Kemenkes RI. “Ke depan, kami akan mengusulkan kembali, sarana apa yang menjadi kebutuhan tambahan agar RSUD semakin lengkap,” imbuhnya.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu, mengakui, jika pelayanan di RSUD dr. Mohammad Zyn sempat menjadi atensi dan banyak keluhan dari masyarakat. “Kami telah berbenah, dan mengapresiasi terhadap perubahan di tubuh RSUD dr. Mohammad Zyn,” ucapnya.

Usai launching alat CT Scan, pihaknya berharap supaya penggunaan sarana baru yang telah tersedia dapat bermanfaat untuk pasien dan masyarakat Sampang. Lantaran, CT Scan memiliki kecanggihan dan keunggulan sampai akses Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Masyarakat Sampang akan mendapatkan pelayanan ini, bahkan dengan menggunakan BPJS Kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn, dr. Agus Akhmadi menjelaskan, alat CT Scan memiliki peran penting untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Teknis pemeriksaan CT Scan, lanjut Agus, memanfaatkan kecanggihan komputer dan menggunakan mesin Sinar-X berputar dengan menghasilkan gambar penampang organ tubuh dari kepala, dada, perut, lutut dan tulang belakang.

Disebutkan, hasil pemeriksaan CT Scan akan membantu dokter melakukan diagnosa dan menentukan beragam kondisi pasien dari gangguan otot, patah tulang sampai kanker.

“Alat itu, dapat direkonstruksi untuk keperluan diagnosa maupun tindakan medis yang akan dilakukan,” terangnya.

Agus berkomitmen meningkatkan mutu dan pelayanan RSUD dr. Mohammad Zyn dengan motto Rumah Sakit Daerah Pelayanan Swasta.

“Bukan sekadar slogan, kami tekankan kepada seluruh staf agar diterapkan ketika bertugas, dan sering mengajak mereka untuk belajar ke rumah sakit lain untuk meniru dan menerapkan di Sampang,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: RafiEditor: Putri Kuzaifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.