Layar Smartphone Anda Bermasalah? Ini Dia Cara Cek Kondisinya

Avatar of PortalMadura.com
Layar Smartphone Anda Bermasalah Ini Dia Cara Cek Kondisinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring perkembangan zaman, semakin canggih pula berbagai teknologi yang ada. Termasuk telepon genggam atau yang beberapa tahun belakangan ini sudah menjadi tren. Bahkan, mampu menggeser ponsel pintar dengan keyboard QWERTY.

Bisa dibilang dari tahun ke tahun, layar sentuh pada smartphone semakin canggih. Bagaimana tidak, layar smartphone sekarang ini sudah didukung dengan adanya multitouch, rasio layar terhadap bodi yang makin tinggi, hingga sensor pemindai sidik jari di bawah layar.

Bukankah itu sangat membantu bagi penggunanya?. Tapi, di balik kenyamanan tersebut, kadangkala layar juga menjadi komponen smartphone yang paling sering mengalami kerusakan.

Salah satu keluhan yang banyak ditemui adalah layar tidak merespons sentuhan jari. Tidak jarang ini diketahui belakangan ketika tingkat kerusakan mulai parah.

Melihat kasus ini, startup lokal penyedia jasa servis laptop dan smartphone, Urgent.id, merilis layanan untuk memeriksa layar sentuh. Simak cara kerjanya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (30/12/2019) dari laman Liputan6.com:

Cara Periksa

Anda tidak perlu khawatir, cara kerja layanan ini cukup sederhana. Pengguna hanya perlu menyentuh seluruh permukaan layar smartphone. Kemudian, kunjungi alamat https://urgent.id/touch.

Di sana, Urgent.id menampilkan sebidang layar kosong berwarna hitam yang harus disentuh pengguna. Ketika bagian layar yang disentuh masih berfungsi dengan baik, dalam arti dapat merespons sentuhan pengguna, maka warna bagian layar itu berubah menjadi biru.

Baca Juga : 5 Cara Perbaiki Layar Smartphone Bermasalah

Selanjutnya, pengguna bisa memberi ketukan (tap) pada layar berkali-kali dan berpindah-pindah dari satu titik ke titik, baik secara acak maupun teratur.

Selain itu, pengguna juga dapat menyapu layar (swipe) dari kiri ke kanan atau sebaliknya, serta dari atas ke bawah atau sebaliknya, entah secara teratur maupun acak.

Kesimpulan

Apabila seluruh bidang layar yang tadinya berwarna hitam telah berubah menjadi warna biru, maka dapat disimpulkan layar smartphone masih berfungsi dengan baik.

Tapi, jika ada bagian yang tetap berwarna hitam, meski sudah disentuh berulang kali, ada kemungkinan bagian layar itu mengalami kerusakan karena tidak dapat merespons sentuhan.

Bagaimana, mudah bukan?. Jadi, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi ketika mengalami masalah dengan layar smartphone Anda. Semoga cara ini membantu dan selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.