oleh

Lecithin, Zat Lemak Baik yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Lecithin adalah sejenis zat lemak yang sering digunakan untuk menjaga cita rasa makanan, misalnya pada roti dan kue. Lecithin umumnya dapat ditemukan di tumbuhan atau hewan tertentu, seperti kacang kedelai, biji bunga matahari, daging, ikan, makanan laut, dan telur. Selain itu, lecithin juga terdapat pada ASI.

Lecithin juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen yang dapat memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan daya ingat dan menurunkan kolesterol. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (8/2/2021), berikut manfaat lecithin untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Lecithin juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat lecithin baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung.

Mencegah Penyumbatan Saluran ASI

Mengonsumsi suplemen lecithin pada ibu menyusui dapat melancarkan ASI dan meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi, sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Memelihara Kesehatan Kulit

Lecithin juga sering dimanfaatkan sebagai emolien atau pelembap dalam produk perawatan kulit, khususnya untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, lecithin juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati jerawat dan eksim.

Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi suplemen lecithin secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan Usus

Hingga saat ini, penyakit radang usus belum bisa disembuhkan, tetapi gejalanya bisa dikontrol agar tidak semakin parah atau sering kambuh. Suplemen lecithin dapat meredakan gejala peradangan di usus, sehingga baik untuk mencegah kambuhnya penyakit radang usus.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar