Legislator Minta OPD Dampingi BUMDes Yang Tak Penuhi Standar

Avatar of PortalMadura.com
Legislator Minta OPD Dampingi BUMDes Yang Tak Penuhi Standart
Rida'i, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan (Foto: Marzukiy @PortalMadura.Com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rida’i meminta Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memberikan pendampingan secara maksimal kepada pemerintah desa dalam upaya mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ketua Fraksi Gerindra tersebut mengatakan, banyaknya BUMDes yang tidak memenuhi standar sebagaimana kriteria dari pemerintah pusat harus mendapatkan pembinaan yang serius dari pemerintah daerah. Sebab, hal itu berkaitan dengan kepentingan masyarakat di tingkat desa.

“Pembinaan itu harus secara intens dilakukan dan pembinaan yang serius, supaya BUMDes yang tidak masuk kriteria tersebut mau berbenah,” katanya, Selasa (28/7/2020).

Dia menambahkan, BUMDes yang dikelola oleh pemerintah desa melalui dana desa dampaknya sangat luar biasa terhadap pengembangan pembangunan desa apabila manajemen tertata dengan baik. Tentu hal itu butuh support dari OPD terkait.

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya

Sebagaimana diketahui, dari semua desa di 13 kecamatan di Pamekasan baru 114 desa yang memiliki BUMDes. Namun, dari jumlah tersebut hanya ada 5 yang masuk kategori maju. Sementara 109 sisanya tidak masuk kategori maju sebagaimana indikator dari pemerintah pusat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.