Inilah 3 Pengulangan dalam Alquran

Avatar of PortalMadura.com
Inilah-3-Pengulangan-dalam-Alquran
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Kitab ini berisi firman Allah SWT dan menjadi pedoman hidup bagi seluruh manusia di muka bumi.

Sebagaimana diketahui, kitab ini terbagi ke dalam beberapa surah dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat. Setiap orang Muslim dianjurkan membacanya agar mendapat syafaat-Nya. Terlepas dari hal itu, pernahkah Anda menyadari jika di dalam Alquran terdapat beberapa pengulangan kata, kalimat, hingga suatu kisah atau tema tertentu?.

Pengulangan yang termasyhur dan paling kentara ada di dalam QS Ar-Rahman. Lafaz ‘Fa bi ayyi alaa-i robbikuma tukadziban‘, diulang sekitar 31 kali di surah tersebut.

Dilansir Islampos.com, yang dikutip dari Alukah, berikut beberapa pengulangan yang terdapat dalam Alquran:

Pengulangan Kata atau Huruf

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl ayat 110:

ثُمَّ إِنَّ رَبَّكَ لِلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ مِنۢ بَعْدِ مَا فُتِنُوا۟ ثُمَّ جَٰهَدُوا۟ وَصَبَرُوٓا۟ إِنَّ رَبَّكَ مِنۢ بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha pengampun lagi Maha penyayang.

Pengulangan dalam ayat ini berada di kata ( إِنَّ ) yang disebutkan dua kali. Tentunya pengulangan ini bukanlah kesalahan redaksi atau bahkan pemborosan kata dalam satu kalimat.

Kata ( إِنَّ ) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti sungguh atau sesungguhnya, adalah kata penegasan suatu kalimat atau pernyataan. Kata ini diulang sebanyak dua kali untuk menegaskan bahwa perlindungan Allah SWT bersama orang-orang yang diterpa cobaan kemudian tetap menaati perintah-Nya.

Penegasan juga dilakukan karena ada kalimat yang panjang setelah kata ( إِنَّ ) pertama, agar orang tidak luput dari tujuan firman Allah SWT dalam ayat ini.

Imam Az-Zarkasyi menjelaskan, pengulangan kata dilakukan sebagai penegasan atau penguatan agar hamba-Nya tidak luput dari maksud ayat di tengah kalimat yang dibuat panjang. Ada juga contoh seperti dalam surat Al-Baqarah ayat 8:

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَقُولُ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَبِٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ

Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian,” padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

Ayat ini mengulang huruf Ba' ( بِ) sebanyak dua kali yang dalam bahasa arab tergolong sebagai huruf penghubung. Huruf ini diulang tidak hanya sebagai penegasan, tapi juga penjelasan rahasia di baliknya.

Rahasianya adalah, ayat ini bercerita tentang perkataan orang-orang munafik yang mengaku beriman kepada Allah SWT dan hari akhir. Kata-kata yang dilontarkan untuk menyangkal kecurigaan dari Umat Islam. Namun Allah SWT secara tegas mengatakan bahwa orang-orang munafik itu sebenarnya tidak mengimani-Nya dan hari kiamat.

Pengulangan Ayat

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rahman Ayat 13:

فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Redaksi dalam ayat ini diulang-ulang sebanyak tiga puluh satu kali di surah yang sama. Delapan di antaranya disebutkan setelah ayat yang berbicara tentang keajaiban ciptaan Tuhan. Kemudian tujuh di antaranya lagi disebutkan setelah ayat-ayat yang menyebut api neraka dan penderitaannya.

Rahasia dari pengulangan itu adalah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa menyampaikan dua hal besar dalam surah ini, yakni untuk menyadarkan makhluk-Nya tentang anugerah Allah SWT yang terlampau banyak. Dan juga agar setiap makhluk mau untuk bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

Pengulangan Kisah Tertentu

Selain pengulangan huruf hingga ayat, Allah SWT banyak berfirman tentang kisah para nabi di surah yang berbeda. Hal ini terjadi di kisah Nabi Adam as yang disebutkan dalam Alquran sebanyak tujuh kali, yakni dalam surah Al-Baqarah, Al-A'raf, Al-Hijr, Al-Israa, Al-Kahf, Thaha, dan Shad. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.