Opini  

Literasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran

Avatar of PortalMadura.Com
Literasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran
Khusnul Aisyah Khatimah

Oleh: Khusnul Aisyah Khatimah*

Zaman semakin modern , pemanfaatan teknologi yang tepat mampu membantu perkembangan pada bidang-bidang penting di kehidupan masyarakat.

Perkembangan tersebut tak lepas dari digitalisasi. Informasi dan komunikasi dapat menyebar dengan cepat karena teknologi digital.

Literasi memiliki arti sebagai kemampuan manusia dalam menulis maupun membaca. Sementara literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan dalam memahami berbagai informasi yang didapatkan dari berbagai macam sumber.

Dapat dikatakan literasi digital membantu sebagai sarana pembelajaran di era modern sekarang ini , berdasarkan fakta tidak sedikit anak muda ataupun remaja yang tidak memiliki media digital , di era modern sekarang sudah banyak tersedia aplikasi pembelajaran atau media pembelajaran yang dapat di akses dengan internet , yang dimana artinya tidak harus membuka buku untuk mencari pengetahuan.

Media digital dapat berupa handphone , laptop dll , yang mana anak remaja di era modern lebih memilih membawa handphone daripada buku fisik.

Acuan pembelajaraan tidak hanya terpaku kepada buku saja , tetapi dapat ditemukan dari media mana saja , terlebih lagi ketika pandemi covid-19 hampir 99% mengggunakan media pembelajaran jarak jauh yang mana anak-anak di tuntut untuk bisa dapat mencari pengetahuan dari arah mana saja.

Banyak manfaat yang dapat di ambil dari literasi digital , salah satunya yaitu dapat mengedukasi masyarakat sudah tidak harus dengan dari suatu tempat ke suatu tempat , dangan media digital seluruh masyarakat dapat membaca dan melihat dengan waktu yang bersamaan.

Maka dari itu dengan adanya literasi ini dapat membantu mencerdaskan anak bangsa, dengan bersama sama untuk terus memperdalam literasi kita dapat menumbuhkan bangsa yang bijaksana dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada di dunia.

Demi terjaganya literasi kita semua mari lah kita bersama-sama menciptakan inovasi inovasi baru untuk terus memperdalam literasi kita , semakin dalam literasi kita semakin maju negara kita.(**)

*Penulis: Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Konten ini menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi PortalMadura.com.
Punya Tulisan Seputar seputar opini, gagasan, sudut pandang.
Kirim Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.