Live Klenengan Keraton Sumenep Jadi Ajang Silaturrahim Seniman Karawitan

Avatar of PortalMadura.Com
Live Klenengan Keraton Sumenep Jadi Ajang Silaturrahim Seniman Karawitan
dok. Live Klenengan Keraton Sumenep (Foto. Ainur Rahman)

PortalMadura.Com, – Peribahasa sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui terasa mewakili dengan usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dengan dikumandangkannya kembali melalui radio publik dari Pendopo Keraton setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sufiyanto, Minggu (4/3/2018) pada PortalMadura.Com, mengemukakan, live klenengan keraton ternyata menjadi ajang silaturrahmi para seniman karawitan yang ada di Sumenep.

“Setiap ada pagelaran, mereka selalu datang tanpa harus dikomando. Jalinan silaturrahmi antar mereka terbangun dengan sendirinya. Ini yang kita rasakan sekarang pasca dikumandangkannya kembali klenengan Keraton yang sempat vakum beberapa saat,” katanya.

Menurutnya, gelaran klenengan tersebut tidak hanya sebatas hiburan dalam menyambut Visit Sumenep 2018, melainkan upaya menjaga seni-budaya keraton yang menjadi kekayaan tersendiri bagi masyarakat Sumenep. “Ini potensi lokal kita yang sudah mendunia,” ucapnya.

Baca Juga : Suara Klenengan dari Keraton Kembali ‘Getarkan' Nusantara

Selain itu, sambungnya, mampu memacu semangat para seniman karawitan dan warga lain yang mempunyai group klenengan di Sumenep. Mereka datang ke Kantor Disparbudpora di Jalan Dr. Soetomo, Sumenep untuk memperbaharui Nomor Induk Kesenian (NIK).

“Jadi, dengan live klenengan dari Pendopo Keraton berdampak positif bagi group dan seniman klenengan yang ada di Sumenbep sekaligus menjadi ajang promosi, sehingga lebih terkenal dan kami yakin akan berpengaruh pada job mereka,” pungkasnya.(Hartono)

Anda butuh informasi soal ?. Silahkan kunjungiTourist Information Center”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.