oleh

Login WhatsApp Versi Web Kini Wajib Gunakan Fitur Ini

PortalMadura.Com – Keberadaan WhatsApp versi desktop dan web memudahkan pengguna yang ingin membuka WhatsApp melalui laptop. Hanya tinggal membuka web.whatsapp.com di komputer kemudian menghubungkan akun WhatsApp di smartphone via kode QR, Anda sudah bisa menggunakannya dengan layar yang lebih lebar.

Tapi tahukah Anda, baru-baru ini aplikasi pesan instan WhatsApp mengumumkan fitur keamanan baru untuk pengguna WhatsApp versi web ini. Pasalnya, fitur keamanan mewajibkan pengguna untuk memindai sidik jari atau wajah saat akan masuk dan melakukan sinkronisasi ke dalam WhatsApp desktop atau web.

Selamat Ibadah Puasa 1

Pihak WhatsApp mengatakan, fitur keamanan baru ini digulirkan agar kegiatan komunikasi pengguna tetap terjaga privasi dan keamanannya saat menggunakan WhatsApp versi apa pun.

“Hari ini, kami memperkuat fitur keamanan untuk aplikasi web dan desktop dengan menambah lapisan keamanan ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer mereka,” kata WhatsApp.

Ketika akan masuk ke dalam WhatsApp versi web atau desktop, pengguna akan diminta untuk melakukan otentikasi biometrik berupa sidik jari atau wajah melalui ponsel.

Biometrik yang dianggap sah adalah sidik jari maupun wajah yang telah didaftarkan di ponsel masing-masing. Setelah itu, pengguna baru bisa memindai kode QR untuk login.

Sebagai informasi, fitur keamanan ini hanya akan berfungsi pada ponsel yang mendukung otentikasi biometrik (iOS 14 ke atas dan sejumlah perangkat Android yang sudah kompatibel). Serta ketika pengguna sudah mengaktifkan otentikasi biometrik pada ponsel mereka.

“Tambahan lapisan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan orang lain untuk menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan pemiliknya,” kata WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

WhatsApp mengeklaim, pihaknya tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di dalam ponsel pengguna.
Fitur otentikasi biometrik ini digulirkan untuk memperkuat fitur keamanan WhatsApp yang telah ada sebelumnya.

Adapun fitur yang dimaksud adalah adanya notifikasi ketika ada aktivitas login di WhatsApp versi web atau desktop, serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan akun melalui WhatsApp versi ponsel. Kendati demikian, fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar