oleh

Lolos Karantina Virus Corona, Mahasiswa China Tiba di Sampang

PortalMadura.Com, Sampang – Dua Mahasiswa China asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang menjalani karantina dan observasi di Kepulauan Natuna dinyatakan sehat dan bebas virus corona.

Kedunya, Fachrus Rozi, warga Dusun Duko, Desa/Kecamatan Tambelangan dan Cakrawala Ramadhana Pratama Putra, warga Jalan Pahlawan, Kecamatan Kota Sampang. Ia mahasiswa Hubei University Of Science and Technology, Kota Xianning, Provinsi Hubei, Wuhan China.

Rozi dan Cakrawala dievakuasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI) dalam satu rombongan sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari China menuju Kepulauan Natuna pada 2 Februari 2020.

Kedua mahasiswa asal Sampang dijemput pihak keluarga bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang dari Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu 15 Februari. Tiba di kampung halaman masing-masing, pada Minggu 16 Fabruari 2020 pukul 1:30 WIB.

“Anak saya dan temannya sangat sehat normal. Mereka pulang dari kepulauan Natuna bersama 65 mahasiswa China yang berasal dari Jawa Timur,” kata H. Abdul Kholik, ayah kandung Fachrur Rozi, Minggu (16/2/2020) siang.

Rozi dan Cakrawala sudah mendapatkan sertifikat kesehatan bebas virus corona dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia seusai menjalani karantina dan observasi kondisi kesehatan selama 14 hari di kepulauan Natuna.

“Anak kami bisa berbaur dengan masyarakat. Jika ada semacam tanda-tanda, kami disarankan oleh pemerintah provinsi agar segera memeriksakan diri,” lanjutnya.

Rozi melanjutkan kuliah S1 melalui jalur subsidi beasiswa yang diberikan pemerintah China. Bidang study yang sedang ditempuh, yaitu jurusan kedokteran di Hubei University Of Science and Technology.

“Anak kami sudah semester lima pada bidang study jurusan kedokteran,” pungkasnya pada PortalMadura.Com via telepon.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar