oleh

Lomba Seni Suara Ayam Bekisar, Cara Kemari Sumenep Dongkrak Harga Jual

PortalMadura.Com, Sumenep – Lomba seni suara ayam Bekisar Keluarga Penggemar Ayam Bekisar Indonesia (Kemari) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berlangsung, Minggu (16/2/2020) pagi.

Bertempat di Lapangan Melati, Pangarangan, Kota Sumenep diikuti sedikitnya 60 peserta dalam kemasan ‘Latihan Bersama Berhadiah’ dengan mengambil tiga kelas yakni utama, madya dan pratama.

Pada even bersama ‘Pancoran Emas Group’ Kabupaten Sumenep itu, dibuka langsung oleh Ketua Kemari Kabupaten Sumenep, Moh. Farid Wadjdi.

Ayam bekisar yang sudah menjadi ikon Sumenep bahkan maskot Jawa Timur memang perlu ditingkatkan dengan memperbanyak pagelaran atau berbagai macam even.

“Melalui even dapat mendongkrak harga jual ayam bekisar itu sendiri,” katanya.

Suasana saat lomba ayam bekisar
Suasana saat lomba seni suara ayam bekisar di Lapangan Melati, Pangarangan, Sumenep (Foto. Joni Suhartono @portalmadura.com)

Salah seorang juri pada even ‘Latihan Bersama Berhadiah’ tersebut, Rauf menyampaikan, ayam Bekisar yang sudah menjadi juara diberbagai even harganya dapat dipastikan semakin meningkat.

“Misalnya, ayam Bekisar milik anggota Kemari Sumenep masuk sepuluh besar pada even di Yogyakarta, belinya Rp10 juta sekarang sudah tembus Rp25 juta,” terangnya.

Ia menjelaskan, semangat pemerintah daerah dalam mendorong keberadaan ayam Bekisar sangat tinggi dengan diminta memperbanyak even.

“Kemari Sumenep disarankan menggelar even dua bulan sekali, kalau bisa satu bulan sekali, tapi berhubung sering terbentur dengan lomba di luar Madura, ya baru hari ini terlaksana,” katanya.

Panitia Lomba seni suara ayam Bekisar Kemari Sumenep untuk hari ini, menetapkan 10 juara dari masing-masing kelas. “Jadi, totalnya ada 30 yang masuk juara,” tandasnya.

Pasca suksesnya pelaksanaan lomba seni suara ayam Bekisar hari ini, anggota Kemari Kabupaten Sumenep dalam waktu dekat yakni 8 Maret 2020 dijadwalkan akan mengikuti kejuaraan Piala Gubernur DKI Jakarta. (*)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar