Lomba Seni Suara Ayam Bekisar, Cara Kemari Sumenep Dongkrak Harga Jual

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Lomba seni suara Keluarga Penggemar Ayam Bekisar Indonesia (Kemari) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berlangsung, Minggu (16/2/2020) pagi.

Bertempat di Lapangan Melati, Pangarangan, Kota Sumenep diikuti sedikitnya 60 peserta dalam kemasan ‘Latihan Bersama Berhadiah' dengan mengambil tiga kelas yakni utama, madya dan pratama.

Pada even bersama ‘Pancoran Emas Group' Kabupaten Sumenep itu, dibuka langsung oleh Ketua Kemari Kabupaten Sumenep, Moh. Farid Wadjdi.

Ayam bekisar yang sudah menjadi ikon Sumenep bahkan maskot Jawa Timur memang perlu ditingkatkan dengan memperbanyak pagelaran atau berbagai macam even.

“Melalui even dapat mendongkrak harga jual ayam bekisar itu sendiri,” katanya.

Lomba Seni Suara Ayam Bekisar, Cara Kemari Sumenep Dongkrak Harga Jual
Suasana saat lomba seni suara ayam bekisar di Lapangan Melati, Pangarangan, Sumenep (Foto. Joni Suhartono @portalmadura.com)

Salah seorang juri pada even ‘Latihan Bersama Berhadiah' tersebut, Rauf menyampaikan, ayam Bekisar yang sudah menjadi juara diberbagai even harganya dapat dipastikan semakin meningkat.

“Misalnya, ayam Bekisar milik anggota masuk sepuluh besar pada even di Yogyakarta, belinya Rp10 juta sekarang sudah tembus Rp25 juta,” terangnya.

Ia menjelaskan, semangat pemerintah daerah dalam mendorong keberadaan ayam Bekisar sangat tinggi dengan diminta memperbanyak even.

“Kemari Sumenep disarankan menggelar even dua bulan sekali, kalau bisa satu bulan sekali, tapi berhubung sering terbentur dengan lomba di luar Madura, ya baru hari ini terlaksana,” katanya.

Panitia Lomba seni suara ayam Bekisar Kemari Sumenep untuk hari ini, menetapkan 10 juara dari masing-masing kelas. “Jadi, totalnya ada 30 yang masuk juara,” tandasnya.

Pasca suksesnya pelaksanaan lomba seni suara ayam Bekisar hari ini, anggota Kemari Kabupaten Sumenep dalam waktu dekat yakni 8 Maret 2020 dijadwalkan akan mengikuti kejuaraan Piala Gubernur DKI Jakarta. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.