LSAI bersama OJK Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Sumenep

Penulis: HartonoEditor: Hartono
LSAI bersama OJK Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Sumenep
Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Lembaga Studi Arus Informasi () bersama Otoritas Jasa Keuangan () menggelar Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Kabupaten Sumenep, Madura.

Acara yang bertajuk “Strategi Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sumenep” berlangsung di Ruang Graha Bindara Saod Sumenep, Kamis (27/10/2022).

Dua pemateri, yakni dari unsur Perbankan dan Akademisi didatangkan. Bertindak sebagai moderator, Duta Kampus , Delfia Noor Safitri.

Direktur Ekskutif LSAI, Abrari menjelaskan, sosialisasi literasi keuangan perlu terus dilakukan agar menambah pemahaman kepada masyarakat secara luas, utamanya tentang keungan.

Kegiatan ini sudah berlangsung kurang lebih 10 kali sejak bulan Februari hingga Oktober 2022. Pesertanya, delegasi dari berbagi desa yang ada di Kabupaten Sumnenep.

Baca Juga

“Hari ini delegasi dari berbagai desa dan kelurahan yang ada di Kecamata Kota, Talango dan Kalianget,” terang Abe sapaan akrab Abrari.

Menurut dia, kegiatan literasi dirasa perlu, sebab keuangan itu tidak akan lepas dari kehidupan masyarakat, tentu melalui sosialisasi dapat mengetahui bagaimana cara mengelola keungan, dan manajemen keungan yang baik.

“Harapan kami, dengan sosialisasi literasi keuangan ini, ke depan masyarakat Sumenep akan semakin cerdas dalam mengelola keuangan,” katanya.

Pemateri dari unsur akademisi, Rillia Aisyah Haris, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unija Madura menerangkan, bahwa Literasi keuangan bertujuan agar masyarakat mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, juga bertujuan memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik serta terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas.

“Artinya, bagaimanana mengeleola keungan dengan bijaksana agar tercipta finansial yang mapan, sehingga tujuan jangka panjang, dan jangka pendek bisa dipilah pilih, terpenting juga bergaya harus sesuai kemampuan,” ujarnya.

Pemateri kedua dari unsur Perbankan, Nur Angga Wardana, Kabag Kredit BPR El-Baghraf Madura Berdikari, menjelaskan, sebenarnya literasi keuangan bagi masyarakat juga tugas dari Lembaga Jasa Keuangan atau Perbankan.

Ia berterima kasih atas diselenggarakan kegiatan yang dilaksanakan oleh LSAI.

Menurut Angga, Hadirnya Lembaga Jasa Keungan atau Perbankan sebagai jasa layanan keuangan akan mempermudah masyarakat dalam melakukan manajemen keuangan terutama terkait program simpan pinjam, kredit dan lain semacamnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.