Luar Biasa, Inilah Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Kelebihan Bulan syaban
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Malam ini ditetapkan sebagai malam nisfu Sya’ban atau malam pertengahan. Nisfu Sya’ban adalah malam yang mulia menurut sebagian kalangan. Karena terletak antara bulan Rajab dan Ramadan.

Bulan Sya’ban ternyata memiliki keutamaan, ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasannya berikut di bawah ini.

Pengampunan Dosa

Sebuah hadits menyatakan ada keutamaan pada malam nisfu Sya’ban, yaitu adanya pengampunan dosa. Diantaranya adalah hadits riwayat Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu, dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Selain itu, ada lagi hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah’azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam nisfu Sya’ban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.”

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Segala Doa Terkabul

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika malam nisfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki, adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).

Malam Yang Penuh Syafaat (Pertolongan)

Imam Ghazali mengistilahkan malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan). Menurut al-Ghazali, pada malam ke-13 bulan Sya’ban Allah SWT memberikan seperti tiga syafaat kepada hambanya. Sedangkan pada malam ke-14, seluruh syafaat itu diberikan secara penuh. Dengan demikian, pada malam ke-15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama satu tahun. Karepa pada malam ke-15 bulan Sya’ban inilah, catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan dinaikkan ke hadapan Allah SWT.

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya

Itulah beberapa keutaman malam nisfu Sya’ban. Semoga bermanfaat! (berbagaisumber/choir)

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.