Luhut: 90% Penularan Covid-19 di Jakarta Merupakan Varian Delta

Avatar of PortalMadura.com
Luhut-90%-Penularan-Covid-19-di-Jakarta-Merupakan-Varian-Delta
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com – Pemerintah Indonesia menyatakan 90 persen penularan Covid-19 yang teridentifikasi di Jakarta merupakan varian Delta.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat mewaspadai hal ini.

“Dari data yang kami dapat bahwa 90 persen (penularan) di Jakarta itu sudah varian Delta. Jadi kalau kita bermain-main itu bisa kena sekeliling anda,” ujar Luhut melalui konferensi pers virtual pada Senin malam.

Jakarta saat ini menjadi wilayah dengan lonjakan kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia, dengan jumlah kasus aktif mencapai 91.163 hingga Senin.

Varian Delta atau B.1.617.2 sendiri pertama kali teridentifikasi di India dan telah dikategorikan sebagai varian yang menjadi perhatian (variant of concern) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejumlah studi menunjukkan bahwa varian Delta lebih cepat menular dibandingkan varian Covid-19 yang ada sebelumnya.

Data Kementerian Kesehatan hingga 23 Juni 2021 menunjukkan telah ditemukan 211 kasus dengan ‘variant of concern’ di Indonesia berdasarkan whole genome sequecing, dimana 160 kasus di antaranya adalah varian Delta.​​​​​​​

Pemerintah telah menerapkan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Pulau Jawa dan Bali hingga 20 Juli 2021 sebagai strategi menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.