Lupa Bersihkan Makeup Saat Tidur ? Ini yang Harus Anda Lakukan

  • Bagikan
cara membersihkan make up
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wajah bersih tanpa makeup ketika tidur merupakan suatu hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tapi terkadang banyaknya aktifitas seharian diluar rumah membuat kita lelah sehingga lupa dan tertidur tanpa membersihkan wajah. Bila hal tersebut terjadi, Anda tak perlu khawatir. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan kulit Anda setelah tertidur menggunakan makeup.

Eye Makeup
Jangankan terbawa tidur, bila Anda sehari-harinya tidak membersihkan eyeliner dan maskara dengan tuntas saja berisiko mengalami beragam masalah kesehatan mata. Eyeliner dan maskara bisa bergesekan dengan bantal, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan iritasi pada mata. Selain itu, maskara juga membuat folikel bulu mata tersumbat dan menyebabkan bulu mata menjadi rapuh, mudah patah, dan murah rontok. Lantas, Apa yang dilakukan ?

Saat terbangun, segera bersihkan makeup mata Anda menggunakan makeup remover dan cleanser. Lakukan dengan lembut karena area mata dan sekitarnya cenderung lebih lunak sewaktu bangun tidur. Setelah membersihkan makeup mata, gunakan obat tetes mata untuk mencegah terjadinya iritasi.

Lip Makeup
Sebagus apapun lipstik yang dikenakan, tentu Anda pasti tidak mau lipstik tersebut berakhir mengotori sarung bantal dan guling Anda bukan ? Tanpa sadar, hal inilah yang pertama akan terjadi bila Anda tertidur menggunakan lipstik.

Nah, untuk pengaruh yang akan Anda rasakan di bibir, hal tersebut bergantung dari jenis lipstik apa yang Anda gunakan. Bila Anda kebetulan menggunakan lip gloss atau lip balm, bibir Anda akan lebih aman jika dibanding dengan ketika Anda menggunakan lipstik matte. Namun, tertidur menggunakan lipstik jenis apapun, pada dasarnya dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Bila hal tersebut terjadi, selain segera membersihkan sisa lipstik saat bangun tidur, hal yang penting juga untuk dilakukan adalah mengembalikan kelembapan bibir.

Sesuaikan kondisi bibir Anda dengan pelembap bibir yang digunakan. Jika bibir terasa sangat kering, gunakan pelembap yang lebih thick atau rawat bibir Anda menggunakan lip mask. Jangan lupa untuk istirahatkan bibir Anda dari jenis lipstik apapun untuk 24 jam ke depan.

Face Makeup
Foundation dan primer dengan kandungan minyak merupakan 2 hal yang dapat menyebabkan banyak dampak buruk jika tidak dibersihkan sebelum tidur. Masalahnya, dua produk ini telah menutup pori-pori wajah kita seharian dan telah terpapar oleh polutan, bakteri, hingga jamur yang dapat membawa dampak buruk bagi kulit. Hal pertama yang akan terjadi adalah kulit gagal untuk memperbaharui dirinya, sehingga akan tampak lebih kusam. Kemudian, produk makeup dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan breakout dan jerawat. Selain itu, kulit wajah juga akan menjadi kering karena kekurangan pelembap dan lebih mudah keriput akibat kerusakan kolagen.

Dengan demikian, langkah pertama yang harus dilakukan adalah double cleansing. Gunakan pembersih dengan kandungan minyak, kemudian lanjutkan dengan cleanser yang ringan.

Setelah wajah bersih, lanjutkan perawatan dengan mengeksfoliasi kulit wajah dengan scrub yang lembut, kembalikan pH kulit seimbang dengan toner, dan akhiri dengan penggunaan masker wajah favorit kamu.

Selain merawat wajah secara keseluruhan, kamu juga perlu memperhatikan apakah ada dry-spot atau calon-calon jerawat di wajah. Segera berikan spot treatment untuk area yang lebih bermasalah.

Selain melakukan pertolongan pertama pada kulit, jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal yang Anda kenakan. Akan percuma jadinya bila Anda sudah membersihkan wajah dengan baik, tetapi sarung bantal yang Anda gunakan masih memiliki residu makeup.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan kulit dan barang-barang yang Anda kenakan untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Itulah tips yang bisa Anda coba bila lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.